Saat Para Pembalap Supermoto Jajal Sirkuit Mijen di Trial Game Asphalt

Para pembalap Trial Game Asphalt (TGA) saat melakoni latihan bebas di Sirkuit Mijen, Semarang, Jumat (6/4 - 2018). (Istimewa / Panpel TGA)
07 April 2018 08:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG - Ratusan pembalap nasional memanaskan ajang balap supermoto Trial Game Asphalt (TGA) 2018 di Sirkuit Mijen, Semarang, Jumat-Sabtu (6-7/4/2018).

Pembalap seperti Doni Tata Pradita yang menjadi jawara TGA musim lalu, serta juara Asia Road Racing Championships 2017, Gery Salim, dan Ivan Harry serta Farhan Hendro, saling adu ketangguhan di lintasan sepanjang 1,4 kilometer tersebut.

Ketua Penyelenggara TGA 2018, Tjahyadi Gunawan, menyebutkan alasan pihaknya menggelar seri pembuka di Sirkuit Mijen. Sirkuit yang terletak di pinggiran Kota Semarang itu merupakan yang terpanjang dibanding sirkuit lain yang pernah digunakan menggelar TGA, seperti Solo, Yogyakarta, Purwokerto, dan Malang.

"Kondisi sirkuit di sini masih gress [baru] dan membuat para pembalap akan menampilkan kemampuan terbaik. Apalagi ini seri pembuka. Pasti, persaingan lebih ketat," ujar Tjahyadi di sela perlombaan, Jumat.

Tjahyadi berharap event ini bisa memberikan suguhan yang menarik bagi masyarakat Semarang. Apalagi, event ini digelar malam hari sehingga tidak membuat penonton gerah dan bosan.

Sementara itu, salah seorang pembalap, Pedro Wunner, siap menghadapi persaingan di TGA 2018. Ia juga tidak ciut nyali meski menghadapi sederet nama tenar, seperti juara bertahan musim lalu, Doni Tata Pradita.

"Ajang ini sangat bagus untuk menguji kemampuan dan menambah jam terbang saya," ujar ranking kelima FIM Asia Supermoto tahun lalu.

TGA kali ini diikuti 108 starter yang turun di delapan kelas, mulai 150 cc hingga 450 cc. Persaingan tersengit akan terjadi di kelas 250 cc, di mana para pembalap kenamaan bakal turut serta seperti, Doni Tata, Gery Salim, dan Ivan Harry.

"Pastinya ajang ini akan memberi tontonan menarik, karena terbilang baru di Indonesia. Penonton akan disajikan persaingan di lintasan balap yang memadukan motogp dan motocross," imbuh Tjahyadi.