Kereta Api Semarang: Perjalanan Pertama, Tawang Jaya Premium Angkut 360 Penumpang

Kepala Dishub Jateng, Satriyo Hidayat (tengah) saat melepas keberangkatan KA Tawang Jaya Premium di Stasiun Tawang, Kota Semarang, Jumat (6/4 - 2018) malam. (Solopos/Imam Yuda S.)
07 April 2018 19:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang resmi mengoperasikan KA Tawang Jaya Premium tujuan Semarang-Jakarta, Jumat (6/4/2018) malam.

Perjalanan perdana KA Tawang Jaya Premium dari Stasiun Tawang itu pun mendapat respons yang positif dari pengguna jasa transportasi kereta api di Semarang. Terbukti, pada perjalanan pertamanya kereta api dengan kapasitas 720 penumpang itu mampu meraup tingkat okupansi mencapai 60% atau sekitar 320 orang.

Tokopedia

“Okupansi penumpang cukup bagus. Dari kapasitas total 720 penumpang, yang naik dari sini [Stasiun Tawang] sekitar 320 orang. Tapi, jumlah ini mungkin bertambah karena banyak yang naik dari stasiun lain, seperti Poncol maupun Weleri,” tutur Kepala PT KAI Daops IV Semarang, Wiwik Widayanti, saat dijumpai wartawan seusai peluncuran KA Tawang Jaya Premium di Stasiun Tawang, Jumat malam.

Wiwik menambahkan hadirnya KA Tawang Jaya Premium diharapkan mampu mencukupi kebutuhan penumpang perjalanan Semarang-Jakarta. Terlebih lagi, jumlah penumpang tujuan Semarang-Jakarta atau sebaliknya dari tahun ke tahun semakin meningkat.

“Okupansi penumpang untuk relasi Semarang-Jakarta memang tinggi. Bahkan, tahun lalu ada peningkatan sekitar 7%,” jelas Wiwik.

Dari data yang diperoleh Semarangpos.com, jumlah penumpang kereta api tujuan Semarang-Jakarta atau sebaliknya mencapai 1.638.312 orang selama 2017. Jumlah itu lebih tinggi dibanding 2016 yang hanya sekitar 1.529.708 orang.

Hadirnya KA Tawang Jaya Premium diharapkan juga akan memenuhi kebutuhan penumpang saat musim mudik Lebaran 2018 nanti. Apalagi, KA Tawang Jaya Premium nantinya akan dioperasikan secara reguler atau setiap hari.

KA Tawang Jaya Premium memiliki kapasitas 80 tempat duduk per gerbong. Jumlah ini lebih sedikit dibanding KA Tawang Jaya yang sudah dioperasikan sebelumnya dengan kapasitas 106 tempat duduk per gerbong.

Dengan kapasitas tempat duduk yang lebih sedikit itu, Wiwik berharap penumpang akan merasa lebih nyaman karena ruangan gerbong menjadi lebih leluasa.

Selain itu, KA Tawang Jaya Premium juga dilengkapi fasilitas seperti kereta api kelas eksekutif, yakni AC, televisi, kamera CCTV, dan toilet. Meskipun, kereta api ini diperuntukkan bagi penumpang kelas ekonomi dengan biaya tiket berkisar antara Rp180.000-Rp240.000.