Liga 2 Mulai 21 April 2018, Persibat Batang & Persik Kendal Masuk Grup Barat

Laga uji coba antara Persibat Batang dan Persik Kendal di Stadion Moh Sarengat, Kabupaten Batang, Jateng, Kamis (15/2 - 2018). (Instagram/@persibatofficial)
11 April 2018 18:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, BATANG – Liga 2 Indonesia Musim 2018 yang akan digelar pada 21 April 2018 mendatang, rencananya akan dibagi menjadi dua grup wilayah. Sebanyak 24 peserta Liga 2 Indonesia 2018 akan dibagi dalam dua grup, yakni grup wilayah barat dan grup wilayah timur yang masing-masing berisi 12 tim.

Persibat Batang dan Persik Kendal dipastikan masuk dalam grup wilayah barat. Hal itu dipertegas manajemen Persibat Batang yang mengumumkannya melalui media sosial Instagram, Rabu (11/4/2018). "Pembagian Wilayah Barat Liga 2. Sudah siapkah untuk meramaikan?" tulis pengelola akun Instagram milik Persibat Batang, @persibatofficial.

Berdasarkan data yang dibeberkan di laman resmi Liga Indonesia, 10 tim lain yang tergabung dalam satu grup bersama Persibat Batang dan Persik Kendal memang merupakan tim yang bermarkas di wilayah Indonesia bagian barat. Tim-tim tersebut adalah Persiraja Banda Aceh, Aceh United, Semen Padang FC, PSPS Riau, Persita Tangerang, Cilegon United, Perserang Serang, Persika Karawang, PSIR Rembang, dan Persis Solo.

Dikabarkan di laman Liga Indonesia, Chief Operating Officer (COO) PT LIB Tigorshalom Boboy menjelaskan Liga 2 musim 2018 haru dibagi menjadi dua grup wilayah berdasarkan pertimbangan geografis. "Pertimbangan utama pembagian grup berdasarkan posisi geografis klub," ujar Tigor.

Liga 2 Indonesia Musim 2018 rencananya akan dibagi menjadi lima babak, yaitu babak pendahuluan, babak perempatfinal, babak semifinal, babak play-off perebutan tempat ketiga, dan babak final. Juara I Liga 2 musim 2018 merupakan tim yang nantinya mampu menang di babak final. Untuk juara I, juara II, dan juara III nantinya dipastikan akan promosi ke Liga 1 musim 2019.

Sedangkan tim yang menduduki peringkat ke-10, peringkat ke-11, dan peringkat ke-12 pada masing-masing grup wilayah pada babak pendahuluan akan terdegradasi. Dengan begitu, akan ada enam tim yang terdegradasi di akhir Liga 1 musim 2018 nanti.