Liga 1: Pelatih PSIS Beberkan Strategi Redam PSMS

Pelatih PSIS Semarang, Vicenzo Alberto Annese (memakai topi), saat memberikan instruksi pada para pemain di Lapangan Terang Bangsa, Semarang, Kamis (12/4/2018). (JIBI/Semarangpos.com - Imam Yuda S.)
13 April 2018 11:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – PSIS Semarang menatap laga kontra PSMS Medan dalam kompetisi Liga 1 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Minggu (15/4/2018) dengan penuh optimistis. Skuat berjuluk Mahesa Jenar itu yakin mampu mengatasi perlawanan runner up Liga 2 musim lalu itu dan meraih kemenangan perdana di Liga 1 musim ini.

Pelatih PSIS Semarang, Vicenzo Alberto Annese, menilai PSMS Medan merupakan tim yang solid dan memiliki barisan depan yang tangguh. Meski demikian, bukan berarti PSMS tidak bisa ditaklukan.

“Mereka tim yang bisa bermain bola. Mereka berusaha memulai permainan dari barisan belakang. Jadi, bagus bagi kami untuk memberikan pressure kepada mereka,” ujar pelatih asal Italia seusai memimpin latihan tim di Lapangan Terang Bangsa, Kamis (12/4/2018).

Selain melakukan pressure ketat, Vicenzo juga menginstruksikan skuatnya untuk melakukan penguasaan bola. Keunggulan ball possesion bakal memuluskan ambisi PSIS Semarang dalam meraih poin penuh dalam laga kontra PSMS Medan.

“Saya mau tim bermain dengan gaya saya. Melakukan penguasaan [bola],” tegas allenatore berusia 33 tahun itu.

Dalam laga kontra PSMS nanti, Vicenzo kemungkinan akan meminta para pemain PSIS menerapkan permainan satu dua bola sentuhan. Ia tak mau pemainnya memainkan direct football dengan melakukan umpan-umpan panjang.

“Itu adalah gaya saya [bermain dengan umpan-umpan pendek]. Tim profesional bermain dengan sentuhan bola satu dua [one two]. Kalau tim amatir bermain dengan banyak sentuhan,” ujar Vicenzo.

Memainkan bola dengan satu dua sentuhan diyakini Vicenzo akan meningkatkan kerja sama tim. Pola permainan ini bahkan sudah diperlihatkan para pemain PSIS saat menjalani laga uji coba dengan tim Liga 3, Unika Berlian, di Lapangan Terang Bangsa, Kamis pagi.

Meski demikian, beberapa pemain belum mampu menerakan instruksi Vicenzo dengan sempurna. Ia pun meminta para pemain meningkatkan konsentrasinya terutama saat menghadapi PSMS pada laga lanjutan Liga 1 nanti.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya