Pilkada 2018: Ini Riwayat Hidup dan Sepak Terjang Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo. (Kpu.go.id)
14 April 2018 10:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SOLO – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) petahana, Ganjar Pranowo, diketahui kembali maju sebagai calon gubernur (cagub) didampingi calon wakil gubernur (cawagub) Taj Yasin di Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng dalam rangkaian pilkada serentak 2018. Sebelum berhasil menjabat sebagai gubernur Jateng untuk periode pertama 2013 lalu, Ganjar Pranowo nyatanya sudah berkiprah di dunia politik sebagai anggota lembaga legislatif sejak 2004 silam.

Pria berambut putih itu bergabung dengan PDI Perjuangan sebagai deputi I badan pendidikan dan pelatihan pusat pada 2002 silam. Ia menduduki jabatan tersebut sampai 2005. Pada 2003 hingga 2005, Ganjar Pranowo menjadi anggita bidang peggalangan panitia panitia pemenangan pemilu di parta yang sama.

Ganjar Pranowo menjadi anggota legislatif sebagai anggota Komisi IV DPR untuk periode 2004 hingga 2009. Ia kembali berkecimpung di dunia legislatif untuk periode 2004-2014 sebagai waklil ketua Komisi II DPR RI sebelum akhirnya mengundurkan diri pada 2013.

Baru pada 2013, Ganjar Pranowo berhasil menjabat sebagai gubernur Jateng didampingi wakil gubenur Heru Sudjatmoko. Pada 2013, pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko mengalahkan dua pasangan lain, yakni Hadi Prabowo-Don Murdono dan Bibit Waluyo-Sujiono.

Pria yang kini dikenal luas selalu tampil dengan rambut putihnya itu merupakan putra kelahiran Karanganyar, Jateng, 28 Oktober 1986. Berdasarkan data yang dibeberkan di laman resmi milik Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ganjar Pranowo merupakan putra dari Pamoedji Mangkoediwirjo.

Meski lahir di Karanganyar, masa kecil hingga masa remaja Ganjar Pranowo dihabiskan di Purworejo dan Jogja. Tercatat ia menempuh pendidikan di SDN 1 Kutoarjo Purworejo dari 1975 hingga 1981, SMPN 1 Kutoarjo Purworejo dari 1981 sampai 1984, dan SMA Bopkri Jogja sejak 1984 sampai 1987.

Setelah lulus dari SMA Bopkri Jogja pada 1987, Ganjar melanjutkan pendidikannya untuk jenjang S-1 di Universitas Gajah Mada (UGM). Ia tercatat lulus dari UGM pada 1995. Pendidikan Ganjar Pranowo tak berhenti pada jenjang S-1. Pria yang kini aktif di media sosial itu menempuh pendidikan ilmu politik untuk jenjang S-2 di Universitas Indonesia (UI) pada 2013.

Kehidupan pribadi Ganjar Pranowo pun bisa dibilang cukup menarik. Bersama istrinya, Siti Atikoh Supriyati, Ganjar kerap memamerkan kemesraan di depan khalayak. Bahkan Ganjar pernah mencium istrinya itu kala tampil di acara yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi nasional.

Bersama Siti Atikoh, Ganjar Pranowo memiliki satu buah hati yang memiliki nama mirip bintang sepak bola. Putra semata wayang pasangan Ganjar Pranowo-Siti Atikoh itu bernama M. Zinedine Alam Ganjar. Zinedine merupakan nama depan dari salah satu bintang sepak bola, yakni Zinedine Zidane.

Sudah menjabat selama lima tahun sebagai gubernur Jateng, Ganjar Pranowo kembali maju sebagau cagub di pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018. Di pilkada serentak 2018 kali ini, Ganjar Pranowo tak lagi berpasangan dengan Heru Sudjatmoko, melainkan dengan politikus PPP asal Rembang, Taj Yasin. Mereka harus bersaing dengan pasangan calon gubernur Sudirman Said dan calon wakil gubernur Ida Fauziyah sebagai penantang.