Agenda Presiden: Di Depan Ribuan Orang di Simpang Lima, Ibu Ini Beri Jokowi Pelajaran NKRI

Presiden Jokowi dan Menag Lukman Hakim Saifuddin di Simpang Lima, Semarang, Sabtu (14/4 - 2018). (Solopos/Imam Yuda S.)
14 April 2018 16:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan mengunjungi Kota Semarang, Sabtu (14/4/2018). Salah satu agenda kunjungan Jokowi itu adalah bersilaturahmi dengan 5.711 penyuluh agama dari berbagai daerah di Jawa Tengah (Jateng).

Pertemuan Presiden Jokowi dengan para penyuluh agama se-Jateng itu digelar di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang.

Tokopedia

Seperti agenda kunjungan Presiden Jokowi sebelumnya, dalam kesempatan itu mantan Wali Kota Solo tersebut juga membagi-bagikan hadiah berupa sepeda. Hadiah itu diberikan kepada peserta yang mampu menjawab pertanyaan Jokowi seputar Pancasila dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Namun, ada yang hal yang sedikit berbeda dengan acara bagi-bagi hadiah Jokowi kali ini. Hal itu tak lain saat acara pembagian hadiah kali ini, Jokowi justru mendapat pelajaran dari seorang ibu yang merupakan penyuluh agama asal Kota Solo.

Mulanya, ibu bernama Mujiati itu diminta maju ke hadapan Jokowi untuk menjawab pertanyaan. Oleh Jokowi, perempuan yang bekerja sebagai tenaga honorer penyuluh agama itu diminta menyebutkan 17.000 pulau yang ada di Indonesia.

Namun, ibu justru menjawab Indonesia. Jawaban Mujiati itu tentu tidak sesuai dengan keinginan Jokowi. Namun, perempuan berjilbab itu pun secepatnya memberikan sanggahan.

“Indonesia itu terdiri dari pulau-pulau. Semuanya merupakan pulau dalam kesatuan Negara Republik Indonesia,” ujar Mujiati.

Pendapat Mujiati itu pun disambut gelak tawa para peserta yang hadir dalam acara tersebut, tak terkecuali Jokowi.

“Betul juga ya,” kata Jokowi sambil menganggukan kepala.

Meski demikian, Jokowi tak lantas memberikan hadiah kepada Mujiati. Perempuan paruh baya itu pun diminta untuk menyebutkan tujuh pulau yang ada di Indonesia.

Mujiati pun menjawab pertanyaan Jokowi dengan tepat. Ia pun berhak mendapat hadiah berupa sepeda gunung dari Jokowi.

Selain, Mujiati ada dua penyuluh agama lainnya yang juga mendapat hadiah berupa sepeda gunung dari Jokowi. Kedua peserta lainnya itu mendapat hadiah setelah sukses menjawab pertanyaan Jokowi terkait Pancasila dan NKRI.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya