BMKG Prakirakan Sebagian Jateng Masih Berpotensi Hujan

Ilustrasi hujan. (Istockphoto.com
14 April 2018 17:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, BANJARNEGARA — Di tengah masuk musim peralihan atau pancaroba, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melansir prakiraan cuaca sebagian wilayah Provinsi Jawa Tengah masih berpotensi hujan dengan intensitas menengah.

"Sekarang ini sebenarnya sudah masuk musim peralihan atau pancaroba, namun beberapa daerah di Jawa Tengah masih ada yang mengalami hujan dengan intensitas menengah," ungkap Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie, di Banjarnegara, Jateng,  Jumat (13/4/2018).

Wilayah dengan potensi hujan, kata dia, sebagian besar berada di Jateng bagian barat dan pegunungan tengah. Dia juga menyebutkan, berdasarkan prakiraan cuaca umum pada Jumat, diketahui bahwa sebagian wilayah di Jateng berpotensi hujan dengan intensitas ringan. "Sementara sebagian lainnya berawan," katanya.

Wilayah dengan potensi hujan ringan, antara lain Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Purworejo, Wonosobo, Mungkid, dan Boyolali. Selain itu, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Ungaran, Temanggung, Kendal, Kajen, Slawi, Magelang, Solo, Salatiga, Bumiayu, Majenang, dan Ambarawa. "Meski sebagian wilayah telah memasuki masa peralihan, namun potensi hujan masih ada, sehingga masyarakat perlu tetap waspada," katanya.

BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terutama saat hujan pada siang hingga malam hari dengan durasi 30 menit hingga satu jam lebih. Terlebih lagi, apabila hujan tersebut berintensitas lebat hingga sangat lebat yang disertai petir dan angin kencang karena dikhawatirkan dapat berpotensi menimbulkan longsor atau pohon tumbang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara