Jalan Tol Semarang-Batang Dibuka Satu Jalur saat Mudik Lebaran 2018

sebuah mobil melintasi tol Semarang/Batang di Ngaliyan, Semarang, beberapa waktu lalu. (Aditya Pradana Putra / Antara)
16 April 2018 10:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) memastikan jalan tol Semarang-Batang bisa digunakan saat arus mudik Lebaran 2018. Pembangunan jalan tol sepanjang 74,20 km itu saat ini terus dikebut dan rencana dibuka satu jalur dua lajur saat musim mudik Lebaran 2018 nanti.

Pimpinan Proyek Jalan Tol Batang – Semarang, R. Beni Dwi Septiadi, mengatakan proses konstruksi tol Semarang-Batang secara keseluruhan saat ini telah mencapai 74%, meliputi seksi I, Batang-Tulis (3,20 km), seksi II Tulis-Weleri (36,35 km), seksi III Weleri-Kendal (10,75 km), seksi IV Kendal-Kaliwungu (13,50 km) dan seksi V Kaliwungu-Semarang (10,40 km).

“Konstruksi secara umum telah mencapai 74%. Namun diusahakan fungsional saat Lebaran. Tadi kita sudah bersama-sama Bapak Plt. Gubernur [Heru Sudjatmoko] menyaksikan kesiapan menghadapi fungsional saat Lebaran,” terang Beni dilansir laman Internet resmi Pemprov Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (14/4/2018).

Meski sudah difungsionalkan saat mudik Lebaran 2018, Beni mengimbau para pemudik yang melintasi tol Semarang-Batang untuk berhati-hati, terutama di ruas Kendal-Kaliwungu atau seksi IV karena masih banyak pengerjaan fisik.

“Kami usahakan dulu satu jalur dua lajur untuk mudik maupun balik. Yang masih banyak pekerjaan [fisik] ada di seksi IV. Masih ada makam, masjid, dan beberapa rumah yang sudah dalam proses musyawarah, selain konsinyasi,” ujar Beni.

Sementara itu, Plt Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko, meminta PT JSB untuk melengkapi rambu-rambu sementara dan pembatas demi menjamin keselamatan berkendara pemudik.

“Dari pihak proyek, Pak Beni (pimpinan proyek Tol Batang-Semarang) sudah merencanakan untuk (memasang) rambu-rambu sementara dan pembatas. Sehingga pengguna jalan tol yang sifatnya fungsional itu diperingatkan untuk tidak mengendarai terlalu kencang, karena kita tidak ingin ada musibah. Sehingga mereka bisa pulang kampung dengan keadaan selamat,” jelasnya.

Heru membeberkan, pihaknya akan meninjau kembali tol Semarang-Batang saat Ramadan dan jelang Lebaran nanti. “Kami ingin memastikan bahwa pekerjaan dapat selesai sesuai schedule. Nanti pertengahan Mei dan awal Juni kami akan cek lagi,” terang Heru.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia