Pilkada 2018: Begini Riwayat Hidup Taj Yasin

Taj Yasin (kanan) bersama istrinya, Nawal Nur Arafah (kiri). (Instagram/tajyasinmz)
16 April 2018 19:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Taj Yasin maju sebagai calon wakil gubernur (cawagub) di Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) dalam rangkaian pilkada serentak 2018 mendampingi calon gubernur (cagub) petahana Ganjar Pranowo. Sebelum maju sebagai cawagub Jateng, pria yang akrab disapa Gus Yasin itu merupakan anggota Komisi E DPRD Jateng periode 2014-2019 dari fraksi PPP.

Taj Yasin lahir sebagai putra dari ulama karismatik yang kini menjabat Ketua Dewan Syariah PPP Maimoen Zubair. Putra Mbah Maimoen itu dilahirkan di Kabupaten Rembang, Jateng, 2 Juli 1983 silam. Dilahirkan di Rembang, masa kecil hingga dewasa Taj Yasin juga dihabiskan di wilayah yang dijuluki sebagai Kota Garam tersebut.

Taj Yasin juga menempuh seluruh jenjang pendidikan, dari bangku SD hingga pergururuan tinggi, di Kabupaten Rembang. Ia mulai mengenyam pendidikan formal di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ghozaliyah Syafi'iyah Sarang Rembang dan lulus pada 1995.

Setelah lulus dari MI tersebut, ia melanjutkan pendidikannya ke jenjang menengah pertama dan menengah atas ke Madratsah Tsanawiyah (MTS) dan Madrasah Aliyah (MS) di bawah yayasan dan di lokasi yang sama, yakni MTS Ghozaliyah Syafi'iyah Sarang Rembang dan MA Ghozaliyah Syafi'iyah Sarang Rembang. Taj Yasin lulus dari MA Ghozaliyah Syafi'iyah Sarang Rembang pada 2001.

Berdasarkan dokumen yang terdapat di laman resmi milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Taj Yasin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi di Pondok Pesantren Al Anwar Sarang Rembang. Namun tak terdapat nama perguruan tinggi dan tahun masuk serta tahun lulusnya.

Setelah kenyang mengenyam pendidikan, Taj Yasin tercatat pernah menjadi wiraswasta sebelum menjadi anggota Komisi E DPRD Jateng. Ia juga tercatat pernah menjadi anggota beberapa organisasi di wilayah Kabupaten Rembang dan Kabupaten Jepara serta pernah berkecimpung di organisasi Pelajar Islam Indonesia di Damaskus. Selain itu, Taj Yasin atau Gus Yasin juga pernah menjdi wakil ketua DPW PPP Jateng.

Kini, Taj Yasin memiliki tiga anak dari pernikahannya dengan Nawal Nur Arafah. Dua dari tiga anaknya itu berstatus sebagai pelajar, sedangkan anak terakhirnya masih berusia dua tahun hingga 2018 ini.

Berdasarkan keterangan di KTP-nya, Taj Yasin kini tinggal di Desa Karangmangu RT 004/RW 001, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jateng. Kecamatan Sarang tampaknya sudah melekat di hati Taj Yasin lantaran masa kecilnya hingga masa dewasanya kini dihabiskan di wilayah tersebut.

Pada 2018 ini, Taj Yasin ditunjuk oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, untuk mendampingi Ganjar Pranowo di pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018. Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin diketahui diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, Partai Demokrat, dan Partai Nasdem.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya