Pasar Tradisional Wonodri Semarang Dipugar dengan Rp21,7 M

Ilustrasi aktivitas jual/beli di pasar tradisional. (Bisnis/Felix Jody Kinarwan)
16 April 2018 04:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pasar Wonodri dipugar dengan anggaran dana Rp21,7 miliar. Proyek revitalisasi pasar tradisional itu dijadwalkan Dinas Perdagangan Kota Semarang mulai dilaksanakan tahun 2018 ini sehingga upaya merelokasi pedagang pun segera dilakukan.

"Proyek revitalisasi Pasar Wonodri sekarang ini sudah proses lelang. Anggarannya Rp21,7 miliar," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto di Semarang, Jumat (13/4/2018).

Ia menargetkan proses lelang sudah dirampungkan pada Mei 2018 dan diketahui pemenang lelangnya sehingga mulai akhir Mei 2018 sudah bisa dikerjakan pembangunannya. Rencananya, terang dia, Pasar Wonodri akan dibangun kembali menjadi tiga lantai, yakni dua lantai untuk menampung pedagang dan satu lantai untuk kantor pengelola pasar dan musala.

"Kami menargetkan 5-6 bulan pekerjaan pembangunan pasar sudah bisa selesai. Makanya, kami berharap Mei nanti sudah bisa diketahui pemenang lelang jadi bisa segera mulai," katanya.

Untuk pedagang, kata dia, sudah dilakukan relokasi oleh Dinas Perdagangan ke Jalan Wonodri Raya yang berada di depan Pasar Wonodri dengan jumlah sekitar 550 pedagang. Pembongkaran lapak dan kios pedagang di Pasar Wonodri juga sudah dilakukan oleh Dinas Perdagangan, lanjut dia, diharapkan bisa semakin memperlancar pengerjaan pembangunan.

"Pembongkaran pasar sudah mulai kami lakukan minggu lalu. Begitu pedagang pindah ke tempat relokasi, kami membongkar bangunan lapak dan kios pedagang," katanya.

Ia mengapresiasi kesadaran pedagang untuk segera pindah sementara ke tempat relokasi sehingga bisa memperlancar pengerjaan revitalisasi pasar yang segera dilakukan. Selama proses pembangunan Pasar Wonodri, Fajar meminta maaf jika aktivitas masyarakat terganggu, termasuk dengan penempatan pedagang di lapak darurat depan pasar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia

Sumber : Antara