Ganjar-Yasin Ungguli Sudirman-Ida di Polling Twitter Seusai Debat Pilgub Jateng

Ganjar Pranowo, Taj Yasin, Sudirman Said, dan Ida Fauziyah (dari kiri ke kanan) di Debat Terbuka I Pilgub Jateng 2018, Jumat (20/4 - 2018) malam. (Instagram/kpujateng)
22 April 2018 16:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SOLO - Pasangan calon gubernur-wakil gubernur (cagub-cawagub) di Pemilhan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) dalam rangkaian pilkada serentak 2018, Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziyah, telah mengikuti Debat Terbuka I Pilgub Jateng yang digelar KPU Jateng di Hotel Patrajasa, Kota Semarang, Jateng, Jumat (20/4/2018) malam. Dalam debat itu, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin dianggap mampu mengungguli pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Hal tersebut ditunjukkan melalui polling yang dibuka di akun Twitter milik I-News TV sebagai salah satu stasiun televisi yang memiliki hal menyiarkan debat tersebut, @OfficialiNewsTV. Pada polling tersebut, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin mampu unggul dengan perolehan 68% suara, sedangkan pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah hanya mampu meraup sisanya, yakni 32%.

Tokopedia

Namun demikian, polling yang dibuka saat berlangsungnya Debat Terbuka I Pilgub Jateng itu hanya diikuti 15.6662 akun Twitter. Jumlah itu sangat jauh jika dibandingkan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang dirilis KPU Jateng.

Berdasarkan data yang dibeberkan di laman Internet milik KPU Jateng, Sabtu (21/4/2018), jumlah DPT di Jateng mencapai 27.068.125. Jumlah tersebut terdiri atas 13.478.821 laki-laki dan 13.589.304 perempuan.

Selain mengadakan polling mengenai hasil debat pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018, di akun Twitter tersebut juga dibuka polling mengenai pasangan yang dianggap mampu menurunkan angka kemiskinan. Dalam polling itu, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin lagi-lagi mengungguli pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Soal penilaian tentang kemampuan menurunkan kemiskinan, Ganjar Pranowo-Taj Yasin mampu meraup 54% suara dan Sudirman Said-Ida Fauziyah hanya meraih 43% suara. Sedangkan 3% sisanya menyatakan tidak tahu. Polling tersebut diikuti 30.961 akun Twitter.