Singgah di Polsek Tugu, Pensiunan Polisi Ungkap Misi Jalan Kaki Surabaya-Jakarta

Pensiunan polisi yang berjalan kaki dari Surabaya menuju DKI Jakarta, Soepandi (keempat dari kiri), saat singgah di Polsek Tugu, Kota Semarang, Sabtu (28/4 - 2018). (Istimewa/aparat Polsek Tugu)
01 Mei 2018 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Pensiunan polisi yang membuat kisah unik karena berjalan kaki dari Surabaya, Jawa Timur (Jatim) menuju DKI Jakarta, Soepandi, 73, singgah dan menginap di Polsek Tugu, Kota Semarang, Jumat (27/4/2018).

Sebelum melanjutkan perjalanannya ke Jakarta, Sabtu (28/4/2018), purnawirawan dengan pangkat terakhir ajun komisaris polisi (AKP) itu pun mengungkapkan alasannya berjalan kaki sejauh 768 km itu.

Tokopedia

Kepada Kanit Laka Polsek Tugu, AKP Joko Hendro, Soepandi mengatakan maksud dan tujuannya berjalan kaki dari Surabaya ke Jakarta. Ia mengaku ke Jakarta untuk mendatangi Mabes Polri dan menemui Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

“Ngakunya sih hanya ingin bersilaturahmi dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Selebihnya, saya kurang begitu paham. Namun yang jelas, dia [Soepandi] memang berjalan kaki dari Surabaya,” ujar AKP Joko kepada wartawan di Semarang, Senin (30/4/2018).

Joko menambahkan Soepandi sudah berjalan kaki selama sepekan dari Surabaya. Ia berangkat dari Surabaya sejak Kamis (19/4/2018) dan baru sampai di Semarang pada Jumat kemarin atau sekitar delapan hari.

Lebih lanjut, Joko mengatakan alasan Soepandi melakukan aksi jalan kaki dari Surabaya-Jakarta baru akan diungkapkan setelah bertemu langsung dengan orang nomor satu di jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

“Pokoknya ia ingin bertemu saja [dengan Kapolri]. Mungkin saat bertemu nanti, pastinya banyak yang akan diungkapkan oleh Soepandi,” terang Joko.

Joko memperkirakan saat ini Soepandi masih berada di wilayah Jateng. Ia memprediksi Soepandi masih berjalan menuju Kota Tegal.

“Dia belum sampai masuk ke wilayah Jawa Barat. Masih jalan menuju Tegal. Doa kami dan anggota polisi lainnya selalu menyertai beliau,” tutur Joko.