Semarang Night Carnival 2018 Malam Ini, 800 Peserta Terlibat

Suasana Semarang Night Carnival 2017. (Antara/Aji Styawan)
05 Mei 2018 13:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Semarang Night Carnival 2018 yang merupakan agenda rutin tahunan Kota Semarang pada Sabtu (5/5/2018) malam ini bakal diikuti juga duta dari empat negara sahabat, yakni Senegal, Korea Selatan, India, dan Taiwan.

"Ada beberapa negara sahabat yang ikut SNC tahun ini, yakni dari Senegal, Korea Selatan, India, dan Taiwan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang Masdiana Safitri, Kamis (3/5/2018).

Diterangkannya, tema besar pergelaran Semarang Night Carnival 2018 adalah “Kemilau Semarang". Atas dasar tema itu, arak-arakan peserta bakal dibagi dalam empat subtema. Keempat subtema itu adalah Masquerade Gold (Batik Semarangan), Masquerade Silver (Art Deco), Masquerade Red (Kampung Pelangi), dan Masquerade Blue (pantai).

"Tahun ini, kami mencoba menjembatani modernisasi seni budaya lokal melalui beberapa tema itu. Ya, SNC kan wadah ekspresi, sekaligus ekspose kekayaan seni budaya Kota Semarang," katanya. Artinya, terang dia lebih lanjut, pergelaran seni dan budaya yang dikemas melalui Semarang Night Carnival tersebut tidak kemudian mengubah nilai-nilai yang sudah tumbuh dan berkembang di masyarakat, baik semangat maupun filosofinya.

Masdiana menjelaskan SNC 2018 merupakan atraksi wisata unggulan untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kota Semarang yang diharapkan mampu mendukung perkembangan industri kreatif. "Total pesertanya ada 800 orang lebih. Para peserta SNC ini sudah digembleng dengan serangkaian workshop kostum dan koreografis selama sebulan, termasuk delegasi dari luar kota," katanya.

Beberapa daerah juga berpartisipasi dalam pergelaran Semarang Night Carnival 2018, seperti Kabupaten Pemalang, Jepara, Grobogan, Kota Salatiga, Kota Manado (Sulawesi Utara), dan Kabupaten Keerom (Papua). "Ada dua komunitas dari luar daerah juga yang ikut, yakni Salatiga Iconic Costume dari Salatiga dan Komunitas Pencinta Carnival. Ya, kami pastikan SNC kali ini lebih semarak," katanya.

Rute yang dilewati peserta SNC kali ini juga berbeda dan lebih pendek dibandingkan tahun sebelumnya, yakni mulai dari halaman Balai Kota Semarang-Jalan Imam Bonjol-Jalan Pierre Tendean, dan kembali ke balai kota. Tahun-tahun sebelumnya, rute SNC selalu diawali dari kawasan Kota Lama Semarang menyusuri sepanjang Jalan Pemuda sampai depan Balai Kota Semarang kemudian menuju Simpang Lima Semarang.

"Even SNC kan memang berskala nasional yang akan ditonton ribuan orang. Mohon maklum jika arus lalu lintas menjadi tersendat, tetapi kami terus berbenah dari tahun ke tahun," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara