Jelang Lebaran, KAI Daops IV Ganti Rel Kereta

Salah seorang pekerja tengah melakukan penggantian rel KA di jalur Semarang-Grobogan di Kampung Bangetayu, Kota Semarang, Senin (7/5 - 2018). (Solopos / Imam Yuda S.)
09 Mei 2018 11:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang melakukan pekerjaan penggantian rel ganda kereta api (KA) lama menjelang pelaksanaan arus mudik Lebaran 2018. Pekerjaan penggantian rel itu dilakukan mulai dari Stasiun Tawang, Semarang, hingga Stasiun Karangjati, Grobogan, mulai Senin (7/5/2018).

Lintasan yang diganti itu terletak di sisi timur salah satu rel, dengan panjang mencapai 25 kilometer. Sementara, rel sebelah barat tidak dilakukan penggantian karena digunakan sebagai lajur perlintasan kereta api seperti biasa.

“Pekerjaan penggantian rel dari tipe R42 ke tipe R54. Pekerjaan penggantian rel itu dilakukan di sela waktu kosong perjalanan kereta api [window time], sehingga tidak menggangu perjalanan kereta,” ujar Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Suprapto, dalam keterangan resmi, Selasa (8/5/2018).

Suprapto menargetkan pekerjaan penggantian rel itu akan selesai sebelum masa angkut Lebaran 2018, yakni 5-22 Juni 2018.

Selain penggantian rel KA di jalur Tawang-Karangjati, KAI Daops IV Semarang juga melakukan hal serupa di beberapa lokasi di wilayah Jateng.

Dalam melakukan penggantian rel itu, pekerja harus menutup lintasan seperti yang terjadi di perlintasan kereta api di Kampung Bugen, Kelurahan Bangetayu Kulon, Semarang.