Asyik, Bus Trans Semarang Bisa Layani Penumpang di Bandara Baru Ahmad Yani

Kepala BLU Trans Semarang, Ade Bhakti (paling kiri), saat meninjau lokasi halte untuk BRT Trans Semarang Koridor V di kawasan Bandara Ahmad Yani Semarang yang baru, Rabu (9/5 - 2018). (Istimewa/BLU Trans Semarang)
10 Mei 2018 21:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang dipastikan bisa melayani penumpang di terminal baru Bandara Ahmad Yani. Hal itu disampaikan Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang, Ade Bhakti, dalam keterangan resmi kepada Semarangpos.com, Rabu (9/5/2018).

Ade mengatakan untuk melayani penumpang di terminal baru Bandara Ahmad Yani pihaknya akan menambah rute BRT Trans Semarang Koridor V. Rute BRT Koridor V yang semula hanya mencapai kawasan Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah (Jateng) akan diperpanjang hingga ke kawasan Bandara Ahmad Yani baru yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

Tokopedia

Ade mengaku sudah berkoordinasi dengan pengelola Bandara Ahmad Yani untuk menetapkan lokasi yang pas sebagai halte portabel untuk penjemputan penumpang. Halte portabel itu rencana dilekatkan di ujung lintasan drop off penumpang dan akan mulai beroperasi 2 Juni mendatang.

“BRT Koridor V [masuk bandara] sebenarnya sudah kami rencanakan sejak tahun lalu. Tinggal kami perpanjang rutenya saja,” ujar Ade.

Ade berharap dengan masuknya Bus Trans Semarang ke Bandara Ahmad Yani yang baru itu akan mempermudah pengguna jasa transportasi dalam mendapatkan layanan bus dari maupun menuju bandara.

 “Trans Semarang sudah hampir menjangkau seluruh wilayah di Kota Semarang. Ini namanya integrasi antarmoda, menghubungkan transportasi udara dengan transportasi darat,” beber Ade.

Selama ini, BRT Trans Semarang memang menjangkau penumpang di Bandara Ahmad Yani yang lama. Untuk melayani penumpang dari terminal Bandara Ahmad Yani yang lama, BRT Trans Semarang menyediakan armada bus Koridor IV.

 Kendati demikian, penumpang yang ingin naik bus tersebut harus berjalan kaki cukup menuju selter BRT Trans Semarang Koridor IV. Selain itu, bus juga kerap terlambat karena kepadatan arus lalu lintas di seputaran Kalibanteng dan jalur menuju maupun keluar dari Bandara Ahmad Yani Semarang.

Sementara itu karyawan Divisi Operasional Bandara Ahmad Yani Semarang, Sukirman, mendukung langkah BRT Trans Semarang yang menambah rute bus Koridor V hingga menjangkau kawasan Bandara Ahmad Yani yang baru.

“Kami sangat terbantu dengan adanya penambahan jalur yang mengakses ke bandara. Dengan demikian, akses masyarakat menuju bandara semakin mudah. Kami targetkan bandara baru selesai September, tapi Juni nanti akan kita maksimalkan agar bisa beroperasi,” tutur Sukirman. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya