Conteh Ciptakan Gol Cantik, PSIS Semarang Tumbang di Markas Barito Putera

PSIS Semarang berlatih di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jateng, Sabtu (5/5 - 2018) sore. (Instagram/@psisfcofficial)
12 Mei 2018 20:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Gelandang PSIS Semarang, Ibrahim Posle Conteh, membuat gol cantik ke gawang Barito Putera dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (12/5/2018) malam.

Namun, gol cantik pemain asal Sierra Leone itu tak mampu menyelamatkan PSIS Semarang dari kekalahan. Skuat berjuluk Mahesa Jenar harus takluk dari Barito Putera dengan skor 1-3.

Ramadan Ekstra - Promo Belanja Kebutuhan Lebaran 2018 - Tokopedia

Dalam laga yang disaksikan sekitar 5.349 penonton itu, Barito Putera memang tampil dominan. Skuat berjuluk Laskar Antasari itu bahkan sudah membuktikan superioritasnya atas PSIS Semarang saat laga baru berjalan sembilan menit melalui gol Samsul Arif Munif.

Gol tersebut menjadi yang kali pertama diciptakan Samsul Arif di kompetisi Liga 1 Indonesia musim ini. Samsul menciptakan gol perdananya seusai menerima umpan terobosan Douglas Packer yang memanfaatkan kesalahan koordinasi pemain belakang PSIS Semarang.

Tertinggal 0-1, PSIS Semarang berusaha bangkit. Determinasi tinggi pun coba diterapkan skuat Vincenzo Alberto Annese.

Meski demikian, PSIS Semarang seperti kesulitan membongkar lini tengah Barito Putera yang banyak menumpuk pemain.

Namun demikian, bukan berarti PSIS Semarang tanpa peluang. Tim yang bermarkas di kawasan Stadion Jatidiri itu beberapa kali memberikan ancaman ke gawang Borneo Putra yang dijaga Aditya Harlan.

Salah satu peluang terbaik PSIS Semarang terjadi di menit ke-25. Saat itu, Bruno Silva yang lolos dari pengawalan pemain Barito Putera berhasil melepaskan umpan dari sisi kanan.

Bola yang melintas di depan gawang Barito Putera sebenarnya mampu disosor Hari Nur. Namun, sepakan Hari Nur masih melebar ke samping gawang Barito Putera.

Pada menit ke-42, PSIS Semarang kembali mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan melalui skema serangan balik. Namun, upaya itu lagi-lagi gagal setelah tendangan Ibrahim Conteh diblok kiper Barito Putera.

Hingga babak pertama berakhir kedua tim belum mampu menambah pundi-pundi gol. PSIS Semarang pun harus rela mengakhiri laga babak pertama dengan kedudukan 0-1 atas tuan rumah Barito Putera.

Di babak kedua, Barito Putera berhasil menambah keunggulan di menit ke-47. Lagi-lagi Samsul Arif yang mencatatkan namanya di papan skor seusai memanfaatkan umpan crossing Paulo Sitanggang dari sisi kiri pertahanan PSIS Semarang.

Selang empat menit, gawang PSIS Semarang kembali kebobolan. Gol kali ini bersarang akibat kesalahan Petar Planic yang mencoba menghalau bola umpan Rizky Pora. PSIS pun tertinggal 0-3 atas tim tuan rumah.

Tertinggal 0-3, Pelatih PSIS Semarang, Vincenzo Alberto Annese, melakukan rotasi pemain dengan memasukkan Bayu Nugroho menggantikan M. Yunus.

Masuknya Bayu membuat lini serang PSIS Semarang lebih hidup. PSIS Semarang pun mampu memperkecil ketertinggalan melalui gol indah Conteh di menit ke-60.

Conteh menciptakan gol setelah menerima umpan lambung Bruno Silva. Bola umpan itu dikontrol sebentar oleh Conteh dengan dadanya, sebelum ditembakan ke arah kiri gawang Barito Putera.

Di menit ke-89, Bruno Silva sempat menceploskan bola ke gawang Barito Putera. Sayang, gol itu dianggap tidak sah karena Bruno dianggap sudah lebih dulu terjebak offside dan wasit Oki Dwi Putra Senjaya dari Bandung telah meniup peliut.

Di masa injury time, Barito Putera kembali menggandakan keunggulan. Kali ini giliran sang kapten, Rizky Pora, yang mencatatkan namanya di papan skor seusai menerima umpan crossing dari sisi kiri pertahanan PSIS Semarang.

Hingga laga berakhir kedudukan 4-1 untuk keunggulan Barito Putera tak berubah. PSIS Semarang pun harus rela kembali menerima kekalahan di laga tandang pada Liga 1 Indonesia 2018.