Dikira Bom, Kardus Berisi Spare Part Gegerkan Bandara Ahmad Yani Semarang

Pemeriksaan di Bandara Ahmad Yani Semarang setelah dihebohkan temuan benda mencurigakan, Senin (14/5 - 2018). (Istimewa)
14 Mei 2018 13:14 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG - Bandara Ahmad Yani, Kota Semarang, Senin (14/5/2018) pagi, sempat digegerkan dengan penemuan sebuah kardus mencurigakan di salah satu gerai di area terminal.

Hal itu dikarenakan kardus yang diketahui milik penumpang pesawat Garuda nomor penerbangan GA 230 itu sempat dikira bom.

Kepala Bagian Pelayanan dan Keamanan Bandara Ahmad Yani Semarang, Agus Sina, menyebutkan penemuan barang yang dikira bom itu terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Setelah dilakukan pemeriksaan kardus itu ternyata berisi spare part alat berat atau ekskavator.

“Kardus itu milik salah seorang penumpang dari Jakarta. Mungkin ketinggalan saat dia sedang makan,” ujar Agus saat dijumpai wartawan di Bandara Ahmad Yani Semarang, Senin.

Setelah menemukan benda mencurigakan, karyawan gerai langsung menyerahkan ke pihak pengamanan Bandara Ahmad Yani Semarang.

Petugas keamanan yang mendapat benda itu langsung melakukan pemindaian dan diketahui ternyata berisi spare part eskavator.

“Kardus berisi spare part. Tapi ada juga kabel-kabelnya,” imbuh Agus.

Agus mengatakan pihak PT Angkasa Pura (AP) I juga menghubungi maskapai penerbangan yang membawa penumpang tersebut. Kemudian pihak maskapai langsung menghubungi penumpangnya untuk membuka paketannya yang tertinggal.

“Setelah penumpang itu ditemukan, kami bongkar kardusnya bersama petugas,” tutur Agus.

Agus menambahkan saat membongkar barang tersebut, pihaknya juga menghubungi tim Gegana Polda Jateng. Pihaknya juga sempat mengosongkan area terminal dari penumpang.
“Dari maskapai meyakini bahwa kardus itu milik penumpang yang bersangkutan dari Jakarta. Penumpang itu dipanggil dan saat ini masih menjalani pemeriksaan,” imbuh Agus.