Disangka Baruklinting, Foto Google Street View Ini Gegerkan Salatiga

Penampakan yang disangka Baruklinting dari Google Street View di Jl. Salatiga/Muncul, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jateng. (Facebook/Rhino Prakoso)
16 Mei 2018 12:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, UNGARAN - Kisah unik tentang kemunculan penampakan yang disangka makhluk mitologi, Baruklinting, menggegerkan publik pengguna Internet (netizen) yang mengaku sebagai warga Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng). Penampakan tersebut diambil dari foto di Google Street View.

Kehebohan netizen itu mencuat kala foto yang disangka memuat penampakan Baruklinting tersebut diunggah pengguna akun Facebook Rhino Prakoso di dinding grup Facebook Kabar Salatiga, Selasa (15/5/2018). Ia menjelaskan mengambil foto tersebut dari Google Street View di kawasan Jl. Salatiga-Muncul, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Ramadan Ekstra - Promo Belanja Kebutuhan Lebaran 2018 - Tokopedia

"Barang kali di sini ada yang bisa jelaskan gambar ini. Gambar saya dapat di Google Map. Di banyu mili muncul," tulisnya menyertakan beberapa print screen di Google Street View.

Foto tersebut memang menampakkan sesuatu mirp ular yang keluar menembus birunya langit. Sontak tak sedikit yang menyangka penampakan itu adalah Baruklinting, makhluk mitologi yang konon berupa ular raksasa yang menjaga Rawa Pening di Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, tempat yang dekat dengan diambilnya foto Google Street View tersebut.

"Menurut saya Baruklinting, bentuknya memang ular besar warna ijo," ungkap pengguna akun Facebook Afiadi.

"Kui baruklinting gan, wes percoyo wes kui legenda rowo pening [Itu Baruklinting, percaya itu legenda Rawa Pening]," tulis pengguna akun Facebook Deden Andy Pratama.

Hingga kini, memang masih ada beberapa orang yang percaya bahwa Rawa Pening dijaga makhluk berupa ular besar yang dinamai Baruklinting. Konon, Baruklinting merupakan ular yang mampu berubah menjadi manusia dan merupakan makhluk yang menjadi penyebab terbentuknya Rawa Pening.

Meski banyak yang menyebut penampakan itu sebagai Baruklinting, tak sedikit pula yang tak mempercayainya. Menurut mereka, penampakan itu hanyalah potongan gambar yang tak sempurna dari Google Street View.

Terlepas dari perdebatan netizen, kisah unik itu nyatanya mampu menyedot perhatian netizen. Belum genap sejam diunggah, foto tersebut sudah menuai ratusan komentar netizen.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya