Puspenerbad Semarang Peroleh 8 Helikopter Tempur Apache, Begini Tampilannya

Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Mulyono, saat menyiram helikopter Apache dengan air kembang di Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani, Semarang, Rabu (16/5/2018). (Istimewa - Pendam IV Diponegoro)
16 Mei 2018 23:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Skuadron 11/Serbu Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat (Puspenerbad) mendapat tambahan kekuatan alat utama sistem pertahanan (Alutsista) dari Pemerintah Republik Indonesia. Alutsista itu yakni delapan helikopter tempur jenis Apache buatan Amerika Serikat.

Kedelapan helikopter Apache secara simbolis diserahkan Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizad Ryacudu, kepada Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, melalui Asisten Logistik Panglima TNI, Laksda TNI Bambang Naryono, di Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani, Semarang, Rabu (16/5/2018).

Ramadan Ekstra - Promo Belanja Kebutuhan Lebaran 2018 - Tokopedia

Menteri Pertahanan berharap dengan diterimanya helikopter tempur itu bisa memaksimalkan tugas TNI AD dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia juga meminta para pasukan Penerbad secepatnya menguasai helikopter yang kerap disebut sebagai helikopter termaju dalam melakukan penyerangan.

 “Kepada TNI, saya minta untuk mempelajari pengoperasian Apache agar dapat digunakan maksimal dan dijaga agar masa pakainya dapat lebih Lama,” ujar Menhan dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com dari Penerangan Kodam IV Diponegoro, Rabu.

Sementara itu, Wakil Duta Besar Amerika Serikat menyampaikan rasa bangga menjadi mitra militer Indonesia. Delapan helikopter Apache itu menjadi salah satu bukti kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan militer Indonesia.

 “Kami berharap denagn tambahan Apache ini angkatan bersenjata Indonesia dapat mengukung komitmen kedua negara untuk mewujudkan stabilitas keamanan dan perdamaian di Kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka”, jelasnya.

Upacara penyerahan alutsista itu juga diisi dengan penyiraman air kembang ke badang helikopter oleh Menhan, Aslog Paglima TNI, dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut, dan Komisi I DPR RI yang dilanjutkan dengan pemberian regestrasi Apache.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya