KAI Semarang Kerahkan 586 Personel Amankan Mudik Lebaran 2018

Antrean pemesan tiket kereta api di Stasiun Senen, Jakarta. (Bisnis/Abdullah Azzam)
17 Mei 2018 07:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang mengerahkan 586 personel untuk menjaga keamanan selama masa angkutan Lebaran 2018. "Sebanyak 586 personel itu terdiri atas 106 personel tenaga keamanan organik KAI dan non-organik sebanyak 480 personel," kata Kepala PT KAI Daops IV Semarang Dwi Erni Ratnawati di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/5/2018).

Untuk tenaga keamanan non-organik, kata dia, terbagi menjadi dua, yakni tenaga keamanan reguler sebanyak 350 personel dan tenaga keamanan BKO dari Polri dan TNI sebanyak 130 personel. Hal tersebut diungkapkan usai memimpin pengecekan perlintasan mulai Stasiun Ngrombo, Gambringan, Gundih, Kedungjati, hingga Brumbung, Kabupaten Grobogan, sepanjang 64,398 kilometer.

Tokopedia

Menurut dia, tenaga keamanan reguler juga akan terbagi menjadi dua bagian, di antaranya security stationer sebanyak 265 personel, serta pengaman objek vital dan aset sebanyak 85 personel. "Kami juga mendapatkan bantuan sebanyak enam unit anjing pelacak [K9] yang operasionalnya akan difokuskan di stasiun-stasiun besar, seperti Stasiun Tawang dan Stasiun Poncol Semarang," katanya.

Ia menyebutkan fokus-fokus pengamanan dalam layanan jasa transportasi kereta api (KA), meliputi keamanan di dalam stasiun, keamanan di atas KA, keamanan sepanjang jalur KA, dan keamanan objek vital. Yang jelas, kata Dwi, KAI Semarang siap menyambut masa angkutan Lebaran 2018, mulai kesiapan personel, fasilitas pelayanan penumpang, hingga keandalan sarana prasarana yang menjadi syarat mutlak.

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Suprapto menambahkan setidaknya ada 144 perjalanan KA yang akan dioperasikan untuk melayani penumpang pada masa angkutan Lebaran 2018. Perjalanan KA sebanyak itu, kata dia, dilayani 10 KA PP untuk jaran menengah dan jauh, terdiri atas tujuh KA reguler dan tiga KA tambahan dengan kapasitas sebanyak 5.758 penumpang/hari.

"Itu untuk KA yang pemberangkatan awalnya dari PT KAI Daops IV Semarang, kemudian 44 KA PP jarak jauh dan menengah yang melintas di wilayah Daops Semarang dengan kapasitas 21.136 penumpang/hari," katanya. Selain itu, Suprapto mengatakan masih ada sebanyak 18 KA PP yang melayani penumpang untuk jarak lokal dengan kapasitas tempat duduk yang sudah disiapkan sebanyak 8.924 penumpang/hari.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara