Semua Tol di Jateng Siap Dipakai Mudik Lebaran 2018 Ini

Rapat kooridinasi menjelang mudik Lebaran 2018 di Mapolda Jateng, Rabu (16/5 - 2018). (Jatengprov.go.id)
17 Mei 2018 16:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Heru Sudjatmoko, memastikan semua jalan tol di Jateng sudah siap digunakan sebagai jalur mudik Lebaran 2018. Hal itu ia sampaikan pada rapat koordinasi di Mapolda Jateng, Jl. Pahlawan, Kota Semarang, Jateng, Rabu (16/5/2018).

Tol di Jateng yang siap digunakan itu, menurut Heru, ada yang bersifat operasional dan bersifat fungsional. "Pada arus mudik dan balik Lebaran 2018 jalur tol di Jateng sudah bisa digunakan. Meski ada yang sudah operasional maupun yang fungsional atau kondisinya belum sempurna 100%. Oleh karena itu, para pengguna jalan harus berhati-hati terutama di titik titik rawan kemacetan, seperti di Manyaran, Kota Semarang," ujarnya seperti dikutip pada laman resmi milik Pemprov jateng, Kamis (17/6/2018).

Tokopedia

Selain jalan tol, Heru menjelaskan jalur utara, tengah dan selatan di wilayah Jateng sudah siap menjadi jalur mudik dan balik Lebara 2018. Jalur alternatif pun juga dinyatakan sudah siap digunakan.

Senada dengan Heru Sudjatmoko, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BPPJN) VII Achmad Hery Marzuki juga menyatakan tol di wilayah Jateng sudah siap digunakan sebagai jalur mudik pada H-10 Lebaran 2018. "Untuk fungsional tol di beberapa ruas kondisinya beton tipis, sehingga Insya Allah tidak banyak debu seperti tahun lalu," katanya.

Sementara itu, Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono menambahkan kepolisian akan menyiapkan manajemen keselamatan dan kelancaran di jalan demi menjaga kelancaran arus lalu lintas mudik Lebaran 2018. Upaya itu dilakukan dengan menyiagakan petugas gabungan antara Brimob dan Dinas Perhubungan.

Selain itu, lanjut Condro, jalur tol fungsional yang belum memiliki penerangan akan diterangi dengan lampu dari Polres dan Polda yang jangkauannya sekitar 10 km. Dengan begitu, pemudik yang melintas pada malam hari tetap merasa aman.

Bukan hanya pengamanan bidang transportasi, sang kapolda Jateng juga akan meningkatkan keamanan di berbagai titik keramaian dari ancaman teroris dan gangguan kejahatan lainnya. Titik yang menjadi sasaran Polda Jateng antara lain stasiun kereta api, bandara, objek wisata, dan tempat umum lainnya.

"Setelah kegiatan ini saya meminta para Kapolres dan Kaop yang tergabung dalam Operasi Ketupat 2018 segera melakukan simulasi mudik agar arus mudik 2017 berjalan lancar dan aman," pungkas Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono.