2 Pembobol ATM Digerebek Warga Semarang

ilustrasi pembobolan ATM. (Solopos/Whisnu Paksa)
17 Mei 2018 23:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Dua pelaku pencurian bermodus membobol kartu automatic teller machine (ATM) diringkus warga setelah beraksi di salah satu mesin ATM Banyumanik, Kota Semarang.

Kapolsek Banyumanik Kompol Retno Yuli di Semarang, Rabu (16/5/2018), mengatakan kedua pelaku ditangkap korbannya bersama warga yang mengintai pelaku saat beraksi. Kedua pelaku yang ditangkap masing-masing Susilo Hadi Hwrmansyah, 53, dan Muhammad Hamdi Ikrom, 24, warga Jember, Jawa Timur.

Ramadan Ekstra - Promo Belanja Kebutuhan Lebaran 2018 - Tokopedia

Pengungkapan tindak pidana pembobolan kartu ATM tersebut berawal ketika pelaku menjebak korbannya yang diketahui bernama Ratno, 59, warga Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). "Pelaku menempelkan plastik di slot kartu ATM di salah satu mesin di SPBU Sumurboto," katanya.

Korban yang akan mengambil uang di ATM itu kebingungan karena tidak bisa melakukan transaksi, bahkan kartunya tertelan. Pelaku, lanjut dia, kemudian datang dengan berpura-pura ingin membantu. "Karena kartunya tertelan, korban kemudian pergi," katanya.

Jebakan yang dilakukan kedua pelaku berhasil sehingga mereka menguras uang di dengan kartu ATM korban senilai Rp26 juta yang selanjutnya ditransfer ke rekening mereka. Menurut dia, pelaku tidak sadar aksinya diawasi oleh korban yang meminta bantuan warga sekitar.

Keduanya kemudian diringkus oleh warga dengan barang bukti yang berhasil diamankan antara lain sebuah mobil, potongan plastik mika, obeng, serta lem.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara