Menteri PUPR Tinjau Tol Brebes-Semarang, Peresmian Tergantung Menteri Perhubungan

Foto aerial simpang susun Adiwerna ruas Tol Pejagan-Pemalang di Tegal, Jawa Tengah, Jumat (18/5 - 2018). (Antara / Hafidz Mubarak A)
26 Mei 2018 21:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, TEGAL — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki (PUPR), Sabtu (26/5/2018), Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan ruas jalan tol Brebes timur hingga Kota Semarang, Jawa Tengah. Peninjauan dilakukan demi memastikan kesiapan ruas jalan bebas hambatan itu menjelang musim mudik Lebaran 2018.

"Untuk laporan sekarang, untuk ruas tol dari Brebes ke Pemalang, Insya Allah sudah bisa kita tembus," kata Basuki Hadimuljono kepada wartawan saat meninjau di Km. 275 ruas tol Pejagan-Pemalang di wilayah Tegal, Jawa Tengah, Sabtu. Dia mengatakan ruas jalan tol tersebut juga telah dibangun sejumlah fasilitas untuk membantu memudahkan kelancaran pemudik, seperti tempat parkir dan toilet.

Terkait tanggal pasti ruas jalan tol itu bakal dapat diresmikan, ia menyatakan yang menentukan hal tersebut adalah Kementerian Perhubungan, akan tetapi diprediksi pada sekitar H-10 sudah bisa dilewati. Berdasarkan data dari Kementerian PUPR, ruas tol Jakarta-Surabaya adalah sepanjang 759 kilometer, yang kondisinya untuk persiapan jalur mudik 2018 adalah operasional 524 km dan fungsional 235 km.

Untuk ruas tol Jakarta-Surabaya yang fungsional (belum sepenuhnya operasional) adalah ruas tol Pemalang-Batang (39 km), Batang-Semarang (74 km), Semarang-Solo (32 km), Sragen-Ngawi (55 km), dan Wilangan-Kertosono (37 km). Kementerian PUPR juga menekankan perlunya perhatian khusus di 60 kilometer pertama dari arah Jakarta karena adanya akumulasi kegiatan pembangunan infrastruktur LRT dan jalan layang tol Jakarta-Cikampek.

Selain itu, Menteri PUPR juga menyatakan akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, BMKG, dan lembaga lainnya terkait dalam penanganan mudik lebaran 2018.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kondisi mudik dan balik Lebaran 2018 akan lebih baik dibandingkan dengan pada tahun sebelumnya, menyusul sudah selesainya sejumlah ruas jalan tol dan membaiknya jalan non-tol. "Pemerintah terus berupaya menyelesaikan infrastruktur jalan untuk bisa digunakan mudik dan balik, sehingga layak dan aman digunakan pemudik," kata Budi Karya Sumadi di Semarang, Rabu (16/5/2018).

Menhub menilai pelaksanaan arus mudik Lebaran tahun lalu sudah baik dan tahun ini diupayakan bisa lebih baik lagi dengan terus melakukan perbaikan, penyelesaian infrastruktur salah satunya jalan tol dan non-tol. "Presiden sudah memerintahkan agar pelaksanaan mudik bisa lebih lancar dibanding tahun lalu, walaupun tahun lalu sudah berjalan baik," kata dia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara