32 Mobile Reader Disiapkan di Pintu Tol Banyumanik

Ilustrasi antrean kendaraan menjelang pintu keluar jalan tol. (Antara/Yulius Satria Wijaya)
27 Mei 2018 07:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Trans Marga Jateng selaku pengelola jalur jalan tol Semarang-Solo menyiapkan 32 mobile reader di gerbang tol Banyumanik, Kota Semarang. Langkah itu diambil demi mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus mudik Lebaran 2018.

Manajer Operasional PT Trans Marga Jateng Fauzi Abdulrahman di Semarang, Jumat (25/5/2018), mengatakan kepadatan kendaraan di gerbang tol Banyumanik diperkirakan meningkat menyusul pemberlakuan sistem penarifan baru di jalur tol dalam Kota Semarang. "Pada sistem penarifan yang baru itu, transaksi pembayaran di pintu keluar tol Tembalang akan dihilangkan," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, kendaraan yang akan masuk kalur jalan tol Semarang-Solo akan semakin cepat mengingat tidak ada lagi hambatan di gerbang Tembalang. Kondisi itu diperkirakan akan semakin bertambah saat arus mudik Lebaran.

Oleh karena itu, simpul dia, untuk mempercepat transaksi pembayaran jika nantinya terjadi antrean panjang akan digunakan mobile reader. Saat ini, kata dia, terdapat sembilan gardu tol yang bisa dioperasikan maksimal jika terjadi kepadatan kendaraan.

Ia menjelaskan skenario lain untuk mengantisipasi kemacetan panjang yang mungkin terjadi di titik itu. "Kalau kemacetan sudah mencapai 2 km, akan kami alihkan melalui jalur umum," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara