Dinkes Jateng Siapkan 30 Pos Kesehatan di Tol Fungsional

Ilustrasi posko kesehatan Lebaran. (Solopos)
01 Juni 2018 13:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan sekitar 195 pos kesehatan yang tersebar di wilayah Jateng saat arus mudik Lebaran 2018. Dari jumlah sebanyak itu, 30 pos di antaranya berada di sejumlah jalan tol baru atau yang masih berstatus fungsional.

Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo, menyebutkan selain mendirikan posko kesehatan, pihaknya juga menyiapkan 154 rumah sakit baik, swasta maupun negeri, untuk melayani pasien selama arus mudik Lebaran.

“Semua kita libatkan dalam persiapan pelayanan kesehatan saat arus mudik nanti,” tutur Yulianto saat Rapat Koordinasi Kesiapan Bidang Kesehatan Tingkat Pusat dan Daerah Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1439 H di Hotel Patra, Semarang, Kamis (31/5/2018).

Yulianto menambahkan pihaknya juga telah menyiapkan pos kesehatan di sejumlah titik rawan kemacetan, antara lain ruas tol Pemalang-Batang, ruas tol fungsional Batang-Krapyak, dan tol Tembalang.

“Selain itu kami juga tempatkan pos kesehatan di exit tol Tingkir, Salatiga, yang sempit dan panjang. Di situ kita siapkan jangan sampai nanti pengalaman Brexit 2016 terulang,” tuturnya.

Sementara itu, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Bambang Wibowo, dalam paparannya menyebutkan ada sekitar 3.910 pos kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia saat arus mudik Lebaran 2018.

Jumlah itu mengalami kenaikan dibanding tahun 2017 dengan tambahan 84 pos kesehatan. Penambahan itu dilakukan menyusul adanya tambahan jalur lalu lintas di beberapa wilayah, khususnya Jawa.

“Penambahan pos ini karena jalannya lebih panjang, ada penambahan jalur misalnya kalau di Jawa itu di jalur selatan yang ada beberapa alternatif dan membutuhkannya,” beber Bambang.

Di pos kesehatan itu, Bambang menganjurkan pemudik untuk memanfaatkan sebaik mungkin, seperti beristirahat, melakukan perengangan otot selama 10-15 menit, maupun memeriksa kesehatan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya