Sirkuit MXGP di Semarang Usung Kearifan Lokal

Ilustrasi balap motocross. (Bisnis.com)
03 Juni 2018 09:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang terus melakukan persiapan untuk menjadi tuan rumah agenda kejuaraan balap dunia, MXGP, Seri Ke-13 2018 nanti. Salah satu persiapan itu ditunjukkan dengan membangun sirkuit yang akan digunakan untuk menghelat event itu di Bukit Semarang Baru (BSB), Mijen, 6-8 Juli 2018 nanti.

Dikutip dari siaran pers yang diterima Semarangpos.com dari Humas Pemkot Semarang, Jumat (1/6/2018),

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menyebutkan Sirkuit MXGP di Mijen nanti akan mengusung konsep kearifan lokal. Meski digunakan adu kebut para crosser kelas dunia, sirkuit yang dibangun di atas lahan sekitar 20 hektare itu tetap akan menampilkan nuansa kedaerahan Kota Semarang.

“Nanti kita buat tulisan Semarang yang besar [di kawasan sirkuit], serta membangun suasana kearifan lokal. Rencana, kita tanam pohon pisang di sekitar lintasan,” ujar wali kota yang akrab disapa Hendi itu saat meninjau lokasi pembangunan Sirkuit MXGP di Mijen, Jumat.

Hendi menargetkan pembangunan Sirkuit MXGP di Semarang selesai sebelum Lebaran 2018 nanti. Meski pun, fasilitas penunjang seperti tribune penonton dan lain-lain baru ditargetkan selesai sebelum agenda balap motor kelas dunia itu digelar.

Sirkuit MXGP di Semarang dibangun di atas lahan seluas 20 hektare dan ditargetkan mampu menampung sekitar 60.000 penonton. Sirkuit ini dirancang oleh arsitek asal Inggris, Greg Paul.

Greg mengaku sirkuit motocross di Semarang itu nantinya akan dirancang dengan desain yang istimewa atau berbeda dari sirkuit lain di Tanah Air.

“Ini akan menjadi sangat istimewa karena sebelumnya tidak ada di tempat lain. Di Semarang kita bangun sirkuit dengan spesifikasi lebih tinggi dibanding tempat lain,” tutur Greg.

Agenda balap motocross di Semarang itu rencana diikuti ratusan pembalap, baik dari mancanegara maupun lokal. Tercatat ada sekitar 80 pembalap internasional yang akan tampil pada MXGP di Semarang nanti, salah satunya juara dunia Antonio Cairoli dari Italia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya