Pemkot Salatiga Belum Cairkan THR PNS

Wali Kota Salatiga Yuliyanto. (pontianakkota.go.id)
05 Juni 2018 09:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga menganggarkan dana Rp15 miliar untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pegawai negeri sipil (PNS). Dana sebesar itu diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018.

Meski demikian, hingga saat ini Pemkot Salatiga belum menandatangani surat pencairan THR bagi PNS tersebut. Berbeda dengan beberapa daerah di Jateng yang sudah menandatangani SK pencairan THR bagi PNS, seperti Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng). Bahkan ASN di jajaran Pemprov Jateng bakal menerima THR pada H-12 Lebaran atau Selasa (5/6/2018).

Tokopedia

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, berdalih hingga saat ini belum menerima surat edaran (SE) dari pemerintah pusat untuk mencairkan THR kepada para PNS. “Sampai saat ini saya belum terima surat edaran terkait THR bagi PNS di jajaran pemerintah daerah. Saya baru tahu dari pemberitaan di media massa,” ujar Yuliyanto saat dihubungi Semarangpos.com, Senin (4/6/2018).

Politikus Partai Gerindra itu mengaku perlu meminta saran terlebih dahulu dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) terkait pencairan THR untuk PNS. Hal itu dikarenakan anggaran untuk membayar THR PNS diambil dari APBD Kota Salatiga 2018, bukan dari anggaran pemerintah pusat atau APBN.

“Nanti saya koordinasikan dulu dengan BPK. Apakah sudah sesuai ketentuan untuk pencairan THR dari APBD. Kalau sesuai ketentuan, langsung akan saya tandatangani surat pencairannya. Koordinasinya juga enggak terlalu lama, bisa via telepon,” ujar Yuliyanto.

Yuliyanto menambahkan tahun ini Pemkot Salatiga menganggarkan Rp15 miliar untuk membayar THR PNS. Ada sekitar 4.000 ASN berikut tenaga honorer di Pemkot Salatiga yang menerima THR pada tahun ini.

“Jumlah itu enggak sedikit. Cukup untuk mendanai proyek pembangunan infrastruktur jalan raya atau membangun rumah warga kurang mampu,” imbuh Yuliyanto.

Terpisah, salah satu PNS di jajaran Pemkot Salatiga yang enggan disebutkan namanya berharap THR segera cair. Sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) No. 2 Tahun 2018, THR PNS diberikan H-7 Lebaran atau Jumat (8/5/2018).

 “Belum terima [THR] saat ini. Belum tahu kapan. Penginnya sih secepatnya untuk membeli kebutuhan sebelum hari raya,” ujarnya saat dihubungi Semarangpos.com. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya