Wali Kota Hendi Dirikan Patung Ketiga Soekarno di Semarang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (tengah), bersama para pejabat Kota Semarang berdiri di belakang patung Soekarno di Taman Kalibanteng, Kota Semarang, Rabu (7/6 - 2018). (Semarangpos.com/Humas Pemkot Semarang)
07 Juni 2018 14:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, meresmikan patung ketiga Soekarno di Kota Semarang, Rabu (6/6/2018). Sosok Presiden Pertama Indonesia itu dibangun dalam sebuah monumen setinggi 6,5 meter yang terletak di Taman Kalibanteng, Semarang Barat, Kota Semarang.

Patung Soekarno yang baru saja diresmikan Hendi, sapaan wali kota Semarang itu, menjadi yang ketiga di Kota Semarang. Sebelumnya, patung Sang Proklamator telah didirikan bersama patung Mohammad Hatta di Jl. Arteri Soekarno-Hatta dan Jl. S. Parman, Gajahmungkur.

Namun berbeda dengan dua patung sebelumnya, di patung ketiga itu tampak Soekarno seorang diri menghadap ke barat dengan membawa naskah proklamasi.

“Mengapa Bung Karno? Karena belia adalah Founding Father bangsa Indonesia yang harus terus dikenang. Banyak ajaran beliau yang perlu kita perjuangkan dan lestarikan. Saya rasa pengambilan makna dari patung beliau adalah seperti,” ujar Hendi dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Rabu (6/6/2018).

Peresmian patung Soekarno itu terasa istimewa karena bertepatan dengan hari lari Bung Karno yang jatuh pada tanggal 6 Juni. Peletakan patung, lanjut Hendi, juga sangat strategis karena berada di Taman Kalibanteng, di mana berada di sisi Jl. Jenderal Sudirman dan Jl. R.E. Martadinata.

Selain itu, Taman Kalibanteng merupakan satu dari 22 ruang terbuka hijau (RTH) yang dibangun Pemkot Semarang sejak 2017. Pada tahun ini, Pemkot Semarang menargetkan membangun 18 RTH lagi di berbagai sudut wilayah Kota Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya