Iring-Iringan Mobil Pemudik Mulai Padati Tol Batang-Semarang

Mobil polisi mengawal sejumlah kendaraan saat melewati jalan tol fungsional Batang-Semarang, wilayah Kota Semarang, Jateng, Jumat (8/6 - 2018). (Antara/R. Rekotomo)
08 Juni 2018 22:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, BATANG — Iring-iringan atau konvoi mobil para pemudik Idulfitri 1439 H atau Lebaran 2018 mulai terlihat memadati jalur jalan tol fungsional ruas Batang-Semarang, Jawa Tengah, Jumat (8/6/2018) sore.

Berdasar pantauan Kantor Berita Antara di jalur jalan tol fungsional Batang-Semarang di rest area Candiareng, Kabupaten Batang, Jumat petang, kepadatan arus lalu lintas di jalur jalan tol fungsional tersebut masih relatif lancar. Kecepatan laju kendaraannya juga terpantau sekitar 40 km/jam sampai 60 km/jam karena kondisi jalan masih rawan kecelakaan.

Seorang pemudik, Adi Hariadi, mengatakan dirinya bersama keluarga sengaja berhenti sementara di rest area itu untuk sekadar berisitirahat sambil melihat sejumlah poster potensi wisata yang dipasang di lokasi tersebut. "Kami memang ingin beristirahat di rest area ini sekadar mengembalikan kondisi badan yang mulai terasa lelah, meski kepadatan arus lintas di jalur pantura maupun di jalur tol masih relatif lancar," katanya.

Menurut dia, dirinya memilih lebih awal mudik Lebaran 2018 sebagai upaya menghindari kemacetan di jalur jalan pantura maupun jalan tol. "Perjalanannya memang relatif lancar. Kendati demikian, ada sejumlah titik yang masih menimbulkan kemacetan di jalan pantura," katanya.

Bupati Batang Wihaji mengatakan bahwa pemkab telah menyiapkan layanan bagi para pemudik Lebaran 2018 yang ingin sekadar beristirahat di sejumlah rest area di wilayah setempat. "Kami telah menyiapkan sejumlah pos pelayanan di sejumlah titik seperti pos kesehatan di rest area. Oleh karena kami berharap pada pemudik bisa memanfaatkan layanan itu jika memang dibutuhkan," katanya.

Menurut dia, perjalanan dari Jakarta hingga sampai wilayah Kabupaten Batang diperlukan waktu sekitar tujuh jam sampai delapan jam sehingga kondisi pengemudi harus dipulihkan lagi dengan beristirahat. "Kami mengimbau bagi pemudik berkendara jangan memaksakan melajukan kendaraannya apabila kondisi badan sudah lelah atau capek dan lebih berisitirahat di rest area yang kami siapkan di sejumlah titik jalan tol fungsional maupun pantura," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara