Libur Lebaran, Jadwal Sepur Kluthuk Ambarawa Ditambah

Ilustrasi sepur kluthuk Ambarawa. (Solopos)
10 Juni 2018 18:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) IV Semarang bakal menambah jadwal pengoperasionalan kereta api wisata jurusan Ambarawa-Tuntang selama libur Lebaran 2018. Tak hanya saat akhir pekan, pengoperasian sepur kluthuk itu akan dilakukan setiap hari guna mengakomodasi keinginan masyarakat yang tengah menjalani liburan.

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Suprapto, mengatakan selama libur Lebaran sepur kluthuk akan beroperasi mulai Senin-Jumat (11-22/6/2018). Penambahan perjalanan kereta api wisata bermesin uap itu bertepatan dengan masa libur Lebaran 2018 yang ditetapkan pemerintah.

Tokopedia

“Kalau biasanya kan cuma jalan setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Nanti, pas libur Lebaran jadwalnya kita tambah, yakni 11-13 Juni dan 18-22 Juni,” ujar Suprapto kepada Semarangpos.com, Kamis (7/6/2018).

Suprapto menambahkan saat libur Lebaran itu, sepur kluthuk akan beroperasi tiga kali dalam sehari, yakni pukul 10.00 WIB, 11.00 WIB, dan 13.00 WIB.

Lebih lanjut, Suprapto mengatakan meski ada penambaha jadwal, tarif atau harga tiket kereta wisata yang ada di Museum Kereta Api Ambarawa, Kabupaten Semarang, itu tak mengalami kenaikan. Selembar tiket tetap dijual Rp50.000 untuk kereta dengan rangkaian satu lokomotif uap dan tiga gerbong.

“Daya angkut kereta api wisata di Ambarawa, Kabupaten Semarang ini sekali jalan mencapai 120 orang,” imbuh Suprapto.

Suprapto berharap dengan penambahan jadwal itu bisa memenuhi keinginan penumpang yang ingin merasakan sensasi naik kereta api uap peninggalan zaman kolonial itu. Selama ini, antusiasme wisatawan untuk naik kereta wisata itu terbilang tinggi. Bahkan mereka rela datang dari luar Kabupaten Semarang, seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya