Perusahaan Diminta Laporkan Pembayaran THR Sebelum Lebaran 2018

Buruh pabrik rokok menunjukkan uang tunjangan hari raya (THR) Lebaran di brak mereka, Kudus, Jateng, Selasa (5/6 - 2018). (Antara/Yusuf Nugroho)
11 Juni 2018 03:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, KUDUS — Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus meminta perusahaan berbadan hukum yang memiliki kewajiban membayarkan tunjangan hari raya (THR) melaporkan pelaksanaannya sebelum Lebaran 2018.

"Saat ini memang sudah ada laporan dari sejumlah perusahaan terkait pembayaran THR kepada pekerjanya. Akan tetapi, belum seluruh perusahaan melaporkan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus Bambang Tri Waluyo di Kudus, Jawa Tengah, Kamis (7/6/2018).

Ia berharap ketentuan tersebut dipenuhi karena nantinya perusahaan yang belum melaksanakan ketentuan tersebut bisa dipantau. Dalam rangka memastikan kepatuhan perusahaan membayarkan THR kepada pekerjanya, Disnaker Kudus juga menerjunkan tim pemantau di lapangan.

Hasil sementara, kata dia, perusahaan yang berbadan hukum telah mematuhi aturan pembayaran soal THR selambat-lambatnya tujuh hari sebelum Lebaran 2018. Bahkan, lanjut dia, PR Gentong Gotri telah membayarkan THR buruh sebesar 50%.

Sebelum Ramadan, Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus menyampaikan surat kepada masing-masing perusahaan terkait dengan ketentuan pembayaran THR. Berdasarkan aturan, setiap perusahaan diwajibkan memberikan THR selambat-lambatnya tujuh hari sebelum hari raya keagamaan. Hal itu, menindaklanjuti Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6/2016 tentang THR Keagamaan.

Ratusan perusahaan di Kudus mendapatkan surat pemberitahuan tentang THR keagamaan tersebut. Melalui surat tersebut, dijelaskan bahwa pekerja yang mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus atau lebih diberikan THR secara proporsional sesuai dengan masa kerja, sedangkan pekerja yang memiliki masa kerja satu tahun lebih akan mendapatkan minimal satu bulan gaji.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara