6 Kapal Mudik Gratis Tiba di Semarang

Pemudik yang mengikuti Program Mudik Gratis tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (Antara/Wisnu Adhi N)
11 Juni 2018 15:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Enam unit kapal perintis bantuan Kementerian Perhubungan dan PT Pelayaran Nasional Indonesia yang mengangkut ribuan pemudik dan sepeda motor secara gratis tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018).

"Enam kapal perintis yang bersandar hari ini merupakan gelombang ketiga mudik gratis bantuan dari pemerintah," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid.

Ia memerinci keenam kapal perintis pengangkut pemudik dan sepeda motor itu adalah Kapal Sabuk Nusantara 85 yang mengangkut 591 penumpang, Kapal Sabuk Nusantara 95 (121 penumpang), Kapal Sabuk Nusantara 84 (438 penumpang), dan Kapal Sabuk Nusantara 97 (234 penumpang). Kemudian, kapal pengangkut sepeda motor adalah KM Camara Nusantara 03 yang mengangkut 97 unit sepeda motor, dan KM Camara Nusantara 01 (330 sepeda motor).

"Seluruh kapal perintis mudik gratis ini berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok dan jumlah sepeda motor yang datang hari ini mencapai 627 unit, sedangkan jumlah penumpang berdasar sistem terdapat 1.683 jiwa," ujarnya.

Ia menyebutkan, total jumlah penumpang yang ikut kapal mudik gratis selama lima hari yakni 9-13 Juni 2018 mencapai 11.940 jiwa dan jumlah sepeda motor mencapai 5.550 unit. Terkait kondisi cuaca laut selama angkutan mudik Lebaran 2018, Wahid menyatakan tidak ada kendala karena cuaca saat ini cenderung cerah dan nyaman.

Kepala PT Pelni Cabang Semarang Lamson Ompusunggu menambahkan, jumlah kapal pengangkut pemudik dari Jakarta dan beberapa daerah lainnya akan terus bertambah. "Kapal pengangkut pemudik akan tiba secara bergelombang," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara