Tol Trans Jawa Tangkis Kemacetan di Semarang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (paling kanan), saat berada di Posko Mudik Terpadu Polrestabes Semarang, Selasa (12/6/2018) malam. (Istimewa - Humas Pemkot Semarang)
13 Juni 2018 20:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menilai beroperasinya tol Trans Jawa pada masa mudik Lebaran 2018 mampu membuat Kota Semarang terhindar dari kemacetan. Meski pun seluruh jalan tol itu baru beroperasi secara fungsional, tapi mampu mengurangi kemacetan arus kendaraan pemudik yang bahkan masih terjadi pada tahun lalu.

Hal itu disampaikan wali kota yang akrab disapa Hendi itu saat melakukan pantauan arus lalu lintas menjelang Lebaran di sejumlah lokasi yang kerap disambangi pemudik di Kota Semarang, Selasa (12/6/2018) malam. Lokasi itu antara lain, Jl. Pamularsih, Jl. Madukoro, area Simpang Lima, dan Posko Mudik Terpadu Polrestabes Semarag di Krapyak.

“Saya rasa dampak pembangunan tol ini benar-benar terasa di Kota Semarang. Seperti yang terlihat bahwa ruas-ruas jalan di Kota Semarang masih lancar, sehingga H-3 Lebaran beum perlu diberlakukan contra flow [pengalihan arus],” terang Hendi di Posko Mudik Terpadu Polrestabes Semarang, Selasa malam.

Lancarnya arus lalu lintas itu pun membuat Hendi berani menampik prediksi yang menyatakan bahwa titik kemacetan terparah pada Lebaran kali ini ada di Kota Semarang. Hal itu dikarenakan hingga H-3 Lebaran, Pemkot Semarang belum memberlakukan contra flow.

Hal itu sangat berbeda dengan kondisi tahun lalu, di mana H-3 Lebaran Pemkot Semarang sudah menerapkan contra flow di beberapa jalur lalu lintas.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya