Kakorlantas Jajal Tanjakan Kali Kenteng dengan Gowes Sepeda

Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa menjajal tanjakan Jembatan Kali Kenteng, Kabupaten Semarang, Jateng, Selasa (12/6 - 2018). (Instagram/@ntmc_polri)
13 Juni 2018 16:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, UNGARAN - Jembatan Kali Kenteng di ruas tol Salatiga-Solo, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) sempat membuat heboh dengan tanjakannya yang curam. Viralnya Jembatan Kali Kenteng yang merupakan bagian dari jalur mudik Lebaran 2018 itu pun memicu Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa mendatanginya, Selasa (12/6/2018).

Dikabarkan di akun Instagram milik National Traffic Management Centre (NTMC) Polri, @ntmc_polri, Royke bahkan nekat menaiki tanjakan Jembatan Kali Kenteng dengan bersepeda. Hal itu ia lakukan demi memastikan Jembatan Kali Kenteng sebagai jalur mudik Lebaran 2018 aman dilalui.

Seusai mengayuh sepedanya, kakorlantas Polri tersebut menjelaskan Jembatan Kali Kenteng aman dilalui. "Kalau dengan menaiki sepeda yang kecil ini saja mampu melewati, maka kendaraan pun tidak ada alasan tidak mampu," ungkapnya.

Ia menjelaskan mobil yang mogok di Jembatan Kali Kenteng kemungkinan besar bukan disebabkan tanjakan terjal, melainkan kemampuan sopir yang kurang mahir. Kondisi mesin, lanjutnya, juga sangat mempengaruhi kuat atau tidaknya kendaraan melalui Jembatan Kali Kenteng di ruas tol Salatiga-Solo itu.

Pada intinya, Royke memastikan semua kendaraan sanggup melalui Jembatan Kali Kenteng jika kondisi mesin prima dan diimbangi kemampuan sopir yang mahir. "Artinya, patokannya sepeda saja bisa lewat apalagi mobil. Apalagi ini sepeda kecil bukan sepeda MTB atau sepeda yang memang didesain bisa untuk melalui jalan tanjakan," tandasnya.

Ia juga memuji kepada polisi dan pekerja jalan di sekitar Jembatan Kali Kenteng yang bersedia membantu kendaraan yang mogok. "Sehingga kendaraan yang tak kuat mendaki tidak sampai melorot," pungkasnya.

Sebelumnya, video yang menunjukkan mobil mogok di Jembatan Kali Kenteng sempat viral di media sosial. Video tersebut pun cepat menyebar dan banyak yang menambahi dengan informasi yang semakin membuat heboh.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia