Bukan di Amerika, Grand Canyon Ini Ada di Demak

Bekas lokasi galian bahan tambang golongan C di Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jateng yang kini dijuluki sebagai Grand Canyon. (Instagram/demakexpo)
14 Juni 2018 12:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, DEMAK — Objek wisata berupa tebing batu besar bernama Grand Canyon sejatinya berada di Arizona, Amerika Serikat (AS). Namun siapa sangka di Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng) juga ada tebing terjal yang juga dijuluki sebagai Grand Canyon?

Grand Canyon Demak itu berada Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jateng. Tebing terjal itu dulu sebenarnya bukan obek wisata, namun merupakan salah satu lokasi penambangan liar galian bahan tambang golongan C di Kabupaten Demak.

Tokopedia

Dikutip Semarangpos.com dari Nyoozee.com, Selasa (12/6/2018), aktivitas penambangan itu dihentikan pada 2015 silam oleh pihak terkait karena dianggap merusak lingkungan dan tak memiliki izin kegiatan penambangan. Namun, bekas penambangan itu justru memiliki pesona unik sehingga menarik banyak orang datang berkunjung.

Di salah satu lokasi yang kini menjadi tujuan wisata di Demak tersebut, terdapat beberapa bukit yang jika dilihat dari jauh pemandangannya seperti bukit berwarna cokelat. Warna cokelat itu berasal dari batuan yang terdapat di kawasan tersebut.

Aps18.com mengabarkan bahwa tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh kawula muda. Dari kawula muda itu juga nama Gand Canyon-nya Demak tercetus. Di kawasan tersebut juga terdapat beberapa gua.

Di dalam gua-gua tersebut dahulu terdapat pasir yang lantas digali sehingga berbentuk seperti gua. Namun, ada juga beberapa gua yang sengaja dibuat penambang sebagai tempat berteduh dan istirahat.

Keindahan Grand Canyon-nya Demak kini menjadi daya tarik tersendiri, terlebih bagi kawula muda. Banyak kawula muda yang mengunjungu lokasi ini hanya untuk sekadar berfoto dan dipamerkan di media sosial. Kepopuleran lokasi ini pun semakin melejit dari mulut ke mulut dan dari media sosial para kawula muda yang telah mengunjunginya.

Tak ada harga tiket khusus untuk memasuki kawasan yang menjadi destinasi wisata di Demak tersebut. Namun, beberapa orang tak bertanggung jawab dikabarkan kerap menarik uang kepada pengunjung di Grand Canyon Demak itu mulai dari Rp10.000.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya