Bercengkerama dengan Kera Penunggu Objek Wisata Gua Kreo Semarang

Patung kera di kawasan Gua Kreo, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jateng. (Jatengprov.go.id)
16 Juni 2018 12:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Bingung memilih tujuan wisata di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng)? Mungkin Gua Kreo di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang bisa menjadi pilihan alternatif untuk berwisata karena menyajikan sensasi yang sedikit unik.

Di Gua Kreo, wisatawan bisa merasakan sensasi bercengkerama dengan kawanan kera yang konon merupakan suruhan salah satu Wali Sanga, yakni Sunan Kali. Dikutip Semarangpos.com dari laman resmi milik Pemprov Jateng, Rabu (13/6/2018), kawasan Gua Kreo dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak.

Berdasarkan cerita rakyat sekitar yang dituturkan secara turun temurun, dahulu saat Sunan Kalijaga mencari kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak, ia bertemu dengan kawanan kera yang kemudian disuruh menjaga kayu jati tersebut. Kata “Kreo” berasal dari kata Mangreho yang berarti peliharalah atau jagalah. Kata inilah yang kemudian menjadikan gua ini disebut Gua Kreo dan sejak itu kawanan kera yang menghuni kawasan ini dianggap sebagai penunggu hutan di sekitaran gua kreo.

Selain hanya melihat gua dan bercengkerama dengan kawanan kera, wisatawan juga akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun kecil yang jernih di dekat Gua Kreo. Perpaduan antara kawanan kera, gua, dan air terjun tak bisa ditemui di objek wisata lain di Kota Semarang sebagai kota besar yang juga merupakan ibu kota Jateng.

Bukan hanya itu, di dekat Gua Kreo juga terdapat spot selfie yang cukup menarik. Spot selfie itu didesain seperti awan yang berada di ketinggian. Tempat tersebut terhitung cukup baru dan sedang hit di antara kawula muda.

Di samping memiliki pemandangan yang indah dan tempat foto menarik di dekatnya, Gua Kreo juga dilengkapi sarana lain, yakni tempat bermain anak seperti papan luncur, ayunan, dan masih banyak lagi. Objek wisata Gua Kreo dibuka untuk umum setiap hari dari pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Pengunjung hanya diwajibkan membayar tiket senilai Rp3.000 untuk memasuki kawasan Gua Kreo.

Salah satu objek wisata alam di Semarang ini rasanya sangat cocok untuk menikmati libur panjang akhir tahun bersama keluarga. Tempat wisata dengan suasana alam dan udara yang sangat sejuk ini juga tepat untuk melepas rasa penat dari rutinitas pekerjaan yang ada di perkotaan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya