Sesaji Rewanda Gua Kreo Semarang Kali Ini Bakal Lebih Meriah

Ilustrasi Sesaji Rewanda. (Solopos)
19 Juni 2018 08:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Guna memeriahkan libur panjang Lebaran 2018, pengelola tempat wisata Gua Kreo, Semarang, bakal menggelar berbagai acara. Salah satunya ialah Sesaji Rewanda yang akan dihelat Sabtu (23/6/2018).

Kepala UPTD Gua Kreo, Mamit Sumitra, menyebutkan Sesaji Rewanda merupakan acara ritual tahunan yang digelar masyarakat sekitar Gua Kreo. Ritual ini biasanya digelar H+3 Lebaran.

“Tapi kali ini Sesaji Rewanda akan kami gelar Sabtu nanti atau sepekan setelah Lebaran. Tujuannya supaya lebih ramai dan dipersiapkan dengan matang agar lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ujar Mamit kepada Semarangpos.com, Senin (18/6/2018).

Mamit mengatakan Sesaji Rewanda digelar masyarakat sekitar Gua Kreo sebagai ungkapan rasa syukur atas rezeki yang didapat. Rezeki itu berupa keindahan alam dan ekosistem kera ekor panjang sehingga kawasan Gua Kreo ramai dikunjungi wisatawan.

“Nanti sesajinya kita arak lebih dahulu sebelum diberikan kepada kera-kera ekor panjang yang mendiami Gua Kreo. Sesaji itu bagian dari ungkapan rasa syukur kami terhadap keindahan alam dan keberadaan kera di Gua Kreo sehingga menjadi destinasi wisata yang cukup favorit di Semarang,” terang Mamit.

Mamit menambahkan selama libur Lebaran 2018, Gua Kreo memang cukup menjadi daya tarik wisatawan di Semarang. Tercatat, sejak H+1 Lebaran atau Sabtu (16/8/2018) hingga H+3 Lebaran, Gua Kreo sudah dikunjungi ribuan wisatawan baik dari dalam maupun luar Kota Semarang.

“Saat H+1 kemarin tercatat ada sekitar 3.000 wisatawan yang datang ke Gua Kreo. Kemarin, Minggu turun menjadi sekitar 2.000 orang. Hari ini [Senin], diperkirakan kunjungan enggak surut, masih di angka 2.000 orang,” tutur Mamit.

Mamit menyebutkan ada banyak objek wisata yang menjadi daya tarik wisatawan di Gua Kreo. Tak hanya komunitas kera ekor panjang, tapi juga panorama di sekitar Gua Kreo, seperti Waduk Jatibarang dan spot foto di atas awan.

“Selain itu kami juga menggelar berbagai atraksi hiburan, mulai dari pertunjukan musik dangdut dan campursari. Hal itu kami lakukan agar wisatawan lebih kerasan saat berada di objek wisata Gua Kreo,” terang Mamit. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya