H+4 Lebaran, Penumpang KA di Semarang Mulai Surut

Ilustrasi penumpang kereta api. (Solopos)
20 Juni 2018 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Jumlah penumpang kereta api di Kota Semarang, mulai mengalami penurunan pada H+Lebaran atau Selasa (19/6/2018). Penurunan paling terlihat di Stasiun Poncol yang mengangkut penumpang kereta api kelas ekonomi.

Data yang diperoleh Semarangpos.com, Selasa petang, jumlah penumpang kereta api yang turun di Stasiun Poncol pada H+4 Lebaran mencapai 8.252 orang, sementara yang naik berkisar 6.392 orang. Jumlah ini lebih sedikit dibanding jumlah penumpang kereta api yang turun maupun naik dari Stasiun Poncol pada H+3 Lebaran atau Senin (18/6/2018).

Jumlah penumpang yang naik dari Stasiun Poncol pada H+3 Lebaran mencapai 7.371 orang. Sedangkan, yang turun mencapai 8.298 orang.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang, Suprapto, mengatakan penurunan jumlah penumpang tak hanya terjadi di Stasiun Poncol. Namun, penurunan jumlah penumpang juga terjadi di hampir seluruh stasiun wilayah KAI Daops IV.

“Total penumpang yang naik di wilayah KAI Daops IV pada 19 Juni mencapai 27.184 orang, sedangkan yang turun sekitar 24.625 orang. Jumlah ini menurun dibanding hari sebelumnya, yang mencapai 29.697 orang untuk yang naik dan 27.382 orang untuk yang turun,” tulis Suprapto dalam pesan singkat yang diterima Semarangpos.com melalui aplikasi Whatsapps (WA), Selasa petang.

Surutnya jumlah penumpang ini, lanjut Suprapto, lebih dikarenakan mulai berkurangnya para pemudik yang melakukan perjalanan dengan menggunakan KA pada H+4 Lebaran. Puncak arus balik juga diprediksi terjadi pada H+Lebaran atau Senin kemarin.

Sementara itu selama bulan Juni ini, PT KAI Daops IV Semarang  mencatatkan jumlah penumpang kereta api di wilayahnya mencapai 299.845 orang untuk yang naik dan 358.994 untuk yang turun.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia