Demokrasi Hukum dan Kawasan Jadi Tema Debat Terakhir Pilgub Jateng

Suasana Debat Terbuka I Pilgub Jateng 2018 di Hotel Patrajasa, Kota Semarang, Jateng, Jumat (20/4 - 2018) malam. (Twitter/@OfficialInewsTV)
21 Juni 2018 11:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) memilih tema Demokrasi Hukum dan Kawasan sebagai materi dalam debat tahap ketiga atau terakhir pemilihan kepala daerah (pilkada) atau Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng 2018. Debat tahap ketiga itu bakal digelar di Hotel Patra, Kota Semarang, Kamis (21/6/2018) malam.

Komisioner KPU Jateng, Diana Arianti, mengatakan ada empat sub tema dalam debat terakhir yang akan diperdebatkan oleh kedua pasangan calon (paslon) pada pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018, yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

“Keempat sub tema itu terkait Pembudayaan Demokrasi Pancasila, Kepemimpinan, Penegakan Peraturan Daerah, dan Penataan Kawasan. Untuk tema Penataan Kawasan itu seputar isu lingkungan hidup yang terjadi di wilayah Jateng,” ujar Diana saat dijumpai wartawan di Hotel Patra, Rabu (20/6/2018).

Diana berharap debat terakhir nanti bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para kandidat dalam menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat.

“Para kandidat bisa menyampaikan ide dan gagasannya dalam forum ini [debat], supaya masyarakat lebih teredukasi dalam Pilgub Jateng,” imbuh Diana.

Senada diungkapkan Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo. Mantan Ketua KPU Kabupaten Wonogiri itu berharap keempat kandidat pilkada atau Pilgub Jateng bisa menyampaikan seluruh gagasan terkait empat sub tema yang diberikan.

“Nanti debat akan kami bagi dalam empat segmen. Setiap segmen akan membahas satu sub tema dengan durasi sekitar 6-7 menit. Kita harap seluruh tema yang ditampilkan bisa tereksplorasi oleh paslon. Jangan sampai gagasan yang disampaikan melenceng jauh dari tema yang diberikan,” tutur Joko kepada Semarangpos.com.

Joko menambahkan debat terakhir pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 nanti akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi Kompas TV pukul 19.30 WIB. Debat akan dipandu oleh moderator dari Kompas TV, Aiman Witjaksono, dan koordinator panelis dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Nur Hidayat Sarbini.

“Ada empat panelis yang kami beri tugas untuk membuat pertanyaan seputar tema debat kali ini. Selain Pak Sarbini, juga ada praktisi hukum Umar Latif, akademisi dari Unnes Semarang, Marhaeni Astutu, dan dari UIN Walisongo, Imam Taufik,” beber Joko. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya