Begini Persiapan Ganjar dan Sudirman Jelang Debat Terakhir Pilgub Jateng

Pasangan cagub dan cawagub Ganjar Pranowo (kiri)-Taj Yasin (kedua dari kiri) dan Sudirman Said (kedua dari kanan)-Ida Fauziyah (kanan) menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya saat Debat Terbuka Pilkada Jawa Tengah di Ballroom Hotel Patra Semarang, Jateng, Jumat (20/4 - 2018) malam. (Antara/Aditya Pradana Putra)
21 Juni 2018 13:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANGDebat Pilgub Jawa Tengah  (Jateng) 2018 tahap ketiga atau yang terakhir bakal digelar di Hotel Patra, Semarang, Kamis (21/6/2018) malam. Bagaimanakah persiapan kedua pasangan calon (paslon) yang bersaing di pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 dalam menghadapi debat pamungkas tersebut?

Sehari sebelum debat digelar, Rabu (20/6/2018), calon gubernur (cagub) Jateng nomor urut satu, Ganjar Pranowo, masih sibuk menggalang dukungan di Purworejo. Cagub petahan pada pilkada atau Pilgub Jateng 2018 ini menggelar pertemuan dengan Keluarga Mahasiswa Jawa Tengah (KMJT) di objek wisata Curug Gunung Putei.

Ganjar mengaku tak ada persiapan khusus untuk menghadapi Debat Pilgub Jateng 2018 tahap ketiga. Ia hanya menyiapkan data-data sesuai tema debat terakhir, tentang demokrasi, hukum, dan pengembangan kawasan.

“Kalau dari sisi persiapan, sebenarnya kami sudah siap dari dulu. Mungkin tinggal menyiapkan data-data terkait materi yang ada,” ujar Ganjar dalam pesan suara kepada Semarangpos.com melalui aplikasi Whatsapp (WA), Rabu siang.

Pasangan Taj Yasin di pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng itu juga berharap debat terakhir berlangsung lebih atraktif. Ia menginginkan debat diisi adu gagasan dan strategi dalam membangun Jateng yang lebih baik ke depan.

“Kami harap debat nanti lebih edukatif, yang informatif. Mudah-mudahan terjadi debat yang membandingkan ide, gagasan, taktik, dan strategi, tanpa ada yang saling mencela,” tutur Ganjar.

Di sisi lain, Sudirman Said  menyambut dengan antusias debat terakhir pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018. Terlebih lagi, materi yang akan disajikan dalam debat tahap ketiga sudah kerap didiskusikan dengan pasangannya di Pilgub Jateng, Ida Fauziyah.

“Materinya sangat menarik, soal kepemimpinan, demokrasi, pengembangan kawasan, dan hukum. Itu bukan hal baru bagi kami dan sudah sering didiskusikan. Ujung-ujungnya nanti juga soal kredibilitas pemimpin,” tutur Sudirman seusai menggelar acara halalbihalal di Hotel Grand Candi, Semarang, Rabu sore.

Cagub nomor urut dua dalam pilkada atau Pilgub Jateng 2018 ini juga menyatakan tidak gentar dengan rivalnya, Ganjar Pranowo-Taj Yasin. Meski pun dalam dua debat sebelumnya, tingkat elektabilitas Sudirman-Ida belum juga mampu melampaui paslon lawan.

“Itu survei [tingkat elektabilitas] dari mana? Lembaga survei kompeten tidak? Jangan percaya dengan survei, kita tetap berusaha maksimal. Sekali lagi yang menentukan [pemenang Pilgub Jateng] adalah rakyat dan yang di atas [Tuhan], bukan lembaga survei,” ujar mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia