500-An PNS Jateng Absen Kerja Hari Pertama

Ilustrasi PNS (Istimewa/Setkab.go.id)
22 Juni 2018 17:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Sekitar 522 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan kerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) tak masuk kerja hari perdana pascacuti bersama Lebaran, Kamis (21/6/2018).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Mohamad Arief Irwanto, menyebutkan 500-an PNS itu berasal dari 49 organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemprov Jateng.

"Total ada 42.716 PNS yang bekerja di 49 OPD Pemprov Jateng. Dari jumlah sebanyak itu, 25.712 orang di antaranya merupakan guru yang memang sesuai kalender pendidikan masih libur. Sisanya [17.004 PNS], seharusnya sudah masuk kerja per hari ini," ujar Arief kepada Semarangpos.com, Kamis petang.

Arief menyebutkan dari 500-an PNS yang tidak masuk kerja pada hari pertama pascalibur Lebaran itu, sekitar 71 orang di antaranya diketahui sakit, 17 orang izin, 192 orang tengah mengambil cuti, 117 orang tengah menjalani dinas luar kota, dan 124 orang tengah menjalani tugas belajar.

"Sedangkan yang absen tanpa keterangan atau membolos cuma 5 orang. Mereka akan mendapat sanksi disiplin karena membolos pada hari pertama kerja seusai cuti bersama Lebaran," beber Arief.

Arief menambahkan, jumlah PNS Pemprov Jateng yang tidak masuk kerja seusai menjalani libur panjang itu tergolong menurun dibanding tahun lalu.

"Tahun ini tingkat kehadiran PNS di lingkungan kerja Pemprov Jateng cukup tinggi, yakni sekitar 96,93%. Mungkin karena libur Lebaran kemarin cukup panjang jadi sudah banyak yang cukup terpuaskan," terang Arief.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya