Ditjen Hubla Nilai Mudik Gratis Pesepeda Motor Sukses & Lancar

Ilustrasi mudik gratis pesepeda motor. (Bisnis)
23 Juni 2018 04:50 WIB Mia Chitra Dinisari Semarang Share :

Semarangpos.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menilai pelaksanaan arus mudik dengan kapal laut termasuk program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang terlaksana dengan sukses, baik dan lancar.

Kini, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut membidik hal yang sama untuk arus balik mudik dengan kapal laut khususnya mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. "Alhamdulillah pelaksanaan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Jakarta ke Semarang terlaksana sukses, baik dan lancar. Tidak ada permasalahan berarti yang ditemukan pada pelaksanaan mudik gratis sepeda motor tersebut," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo di Jakarta seperti dikutip dari siaran persnya.

Dirjen Agus mengatakan bahwa tingkat keterisian kapal mudik gratis yang berlangsung dari tanggal 9 s.d. 13 Juni 2018 mencapai 78 persen dan hal ini telah melebihi target yang ditetapkan sebelumnya yakni 60%. Lebih lanjut, Dirjen Agus mengapresiasi masyarakat yang sudah mengikuti imbauan Pemerintah untuk mengutamakan keselamatan dan mengurangi beban jalan raya melalui partisipasinya di program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.

"Saya optimis untuk arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2018 akan berjalan dengan sukses seperti halnya waktu arus mudik kemarin," ujar Dirjen Agus.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Chandra Irawan mengatakan bahwa pelaksanaan arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Semarang ke Jakarta akan dimulai pada tanggal 18 Juni sd.22 Juni 2018. "Kami menyiapkan 16 kapal yang siap mengangkut para pemudik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta," ujar Chandra.

Chandra memprediksi tingkat keterisian kapal mudik gratis akan tinggi mengingat mudik gratis dengan kapal laut dapat membantu menjaga kondisi fisik para pemudik untuk kembali dan segera beraktifitas setelah libur lebaran, disamping itu untuk arus balik, Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyiapkan hadiah door prize yang diundi di atas kapal di setiap pelayarannya.

"Menurut data yang kami miliki, jumlah pendaftar mudik gratis sepeda motor arus balik dari Semarang ke Jakarta mencapai 76.36 persen dan diprediksi akan terus bertambah. Khusus arus balik ini, kami menyiapkan sejumlah door prize untuk para pemudik yang akan diundi di atas kapal seperti Televisi, Telepon genggam, voucer belanja dan lain sebagainya," ujar Chandra.

Chandra juga mengajak masyarakat yang belum merasakan manfaat dari mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tersebut. "Bagi para pemudik yang ingin mendaftar dapat langsung mendatangi posko mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mulai tanggal 17 Juni 2018 pukul 08.00 s.d.16.00 WIB," terang Chandra.

Menurutnya, jumlah keterisian kapal tertinggi ada di tanggal 20 Juni dan 22 Juni 2018 yang mencapai di atas 95 persen. Sedangkan masih banyak tersisa quota untuk tanggal keberangkatan lainnya. "Kami mengimbau agar para pemudik sepeda motor untuk arus balik dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Nikmati pelayaran mudik gratis dengan kapal agar tiba di Jakarta dengan aman, selamat, tertib dan nyaman," tutup Chandra.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia

Sumber : Bisnis