Tren Pengguna KA di Semarang Alami Kenaikan

Ilustrasi arus balik penumpang kereta api (KA) dari Jateng. (Antara/Oky Lukmansyah)
24 Juni 2018 18:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Tren pengguna jasa transportasi kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Pada masa angkutan libur Lebaran, dari 5-23 Juni 2018, PT KAI Daops IV Semarang bahkan mencatatkan adanya peningkatan jumlah pengguna jasa kereta api hingga 10%, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dari data yang diperoleh Semarangpos.com, selama masa angkutan Lebaran 2018 terdapat 387.000 penumpang yang menggunakan jasa kereta api di wilayah PT KAI Daops IV Semarang. Jumlah itu lebih tinggi dibanding pengguna jasa kereta api di wilayah PT KAI Daops IV Semarang pada masa angkut Lebaran tahun 2017 yang berkisar di angka 354.712 orang.

“Ada 22 stasiun yang berada di bawah pengawasan PT KAI Daops IV, mulai dari Tegal hingga Ambarawa. Rata-rata jumlah penumpangnya di masa libur Lebaran mengalami peningkatan semua,” ujar Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Suprapto, kepada Semarangpos.com, Sabtu (23/6/2018).

Suprapto mengaku ada beberapa faktor yang membuat pengguna jasa kereta api di Semarang bertambah. Salah satunya, yakni dengan adanya penambahan fasilitas perjalanan kereta api saat musim libur Lebaran.

“Saat Lebaran kemarin kita tambah relasi KA dari Semarang ke Jakarta atau sebaliknya dengan KA Tawang Jaya Premium. Selain itu ada beberapa gerbong tambahan lain seperti KA Gumarang dan KA Sleeper yang baru-baru ini diluncurkan pemerintah,” ujar Suprapto.

Selain penambahan fasilitas, minat masyarakat menggunakan KA juga dipengaruhi faktor lain, seperti kenyamanan, bebas macet, dan tepat waktu.

“Masyarakat sekarang banyak yang tahu, kalau naik kereta api itu lebih menyenangkan. Selain itu, risiko kecelakaan dalam perjalanan juga sangat kecil,” tutur Suprapto. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya