Roda Tiga Konsultan Sebut Ganjar-Yasin Ungguli Sudirman-Ida

Ilustrasi alat peraga kampanye pilkada atau Pilgub Jateng 2018. (Antara/Aditya Pradana Putra)
25 Juni 2018 11:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, JAKARTAPasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Ganjar Pranowo dan Taj Yasin ditengarai Roda Tiga Konsultan berpotensi memenangi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) sebagai rangkaian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018.

Berdasarkan hasil survei Roda Tiga Konsultan melalui pertanyaan terbuka (top of mind), Ganjar Pranowo-Taj Yasin unggul jauh dari pesaingnya, yakni Sudirman Said-Ida Fauziyah. “Elektabilitas melalui pertanyaan terbuka, Ganjar Pranowo-Taj Yasin mempunyai elektabilitas 32,5%. Disusul dengan Sudirman-Ida memiliki elektabilitas 8,6%,” ujar Direktur Riset Roda Tiga Konsultas, Rikola Fedri, saat memaparkan hasil survei di Jl. Lebak Bulus l, Jakarta Selatan, Jumat (22/6/2018).

Rikola menambahkan, melalui sistem pertanyaan tertutup ini terdapat 59,0% responden yang masih belum menetukan pilihan. Selanjutnya terdapat 8,8% pemilih masih merahasiakan pilihan mereka, sedangkan 50,2% tidak tahu serta tidak jawab.

Begitu pula dengan sistem pertanyaan tertutup. Pasangan calon Ganjar Pranowo-Taj Yasin masih unggul dari pasangan calon Sudirman Said-Ida Fauziah. “Elektabilitas tertutup, Ganjar Pranowo-Taj Yasin berada di 42,7% dan Sudirman-Ida dipilih oleh 11,9%,” kata Rikola sebagaimana dikutip laman aneka berita Okezone.com.

Ia mengungkapkan melalui sistem pertanyaan tertutup ini masih cukup banyak pemilih yang belum menentukan pilihan, yakni 45,4 %.

Rikola menyatakan tingginya elektabilitas calon petahana gubernur Jateng juga sejalan dengan tingginya popularitas keduanya. Ganjar hampir dikenal 92,1% warga Jateng dan disukai 70,6%. Sementara, Sudirman Said hanya memiliki tingkat keterkenalan 59,7% dan disukai 38,8%.

“Ganjar Pranowo sebagai incumbent merupakan cagub paling populer,” terang dia.

Survei Pilkada Jateng dilakukan Roda Tiga Konsultan pada 28 Mei hingga 2 Juni 2018. Survei tersebut mengambil sampel 1.200 responden yang dipilih dengan metode stratified systematic random sampling. Untuk toleransi kesalahan atau margin of error, survei diperkirakan sebesar kurang lebih 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95% dan quality control 20%.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Okezone.com