Berwisata ke Salatiga? Lepas Stres dengan Berendam di Umbul Senjoyo!

Sejumlah ikan mengeleilingi pengunjung di Umbul Senjaya, Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jateng. (Instagram/no.v.an)
26 Juni 2018 12:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SALATIGA — Di Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) ada kolam dengan sumber mata air alami yang bernama Umbul Senjaya atau yang kerap disebut Umbul Senjoyo. Segarnya air di kolam tersebut sangat cocok dimanfaatkan untuk berendam melepas stres dari rutinitas sehari-hari yang membosankan.

Meski terletak di wilayah Kabupaten Semarang, Umbul Senjaya sangat dekat dengan Kota Salatiga. Dikutip Semarangpos.com dari Teluklove.com, Sendang Senjaya merupakan salah satu objek wisata' kuno yang digemari masyarakat Kota Salatiga dan sekitarnya. Umbul atau mata air di Senjoyo ini ramai dikunjungi pengunjung saat sore hari, terlebih saat hari libur tiba.

Pengunjung dapat berlama-lama melepas penat di salah satu objek wisata Salatiga ini. Bisa berendam, berenang, ataupun sekadar bermain air.

Fasilitas di salah satu objek wisata di dekat Salatiga ini tergolong cukup lengkap. Dilansir Tempatwisataseru.com, selain kolam dengan air yang menyegarkan, di Sendang Senjaya atau Senjoyo juga terdapat arena bermain anak-anak dan juga lokasi outbond. Pihak pengelola juga menyediakan tempat parkir luas, musala, toilet, dan juga penginapan.

Dikabarkan 1001malam.com, di Sendang Senjaya atau Senjoyo terdapat tujuh umbul atau mata air yang dianggap penting oleh masyarakat, yakni Sendang Slamet, Sendang Bandung, Sendang Teguh, Sendang Lanang, Sendang Putri, Tuk Sewu, dan Umbul Senjoyo. Ketujuh mata air itu memiliki air jernih yang sangat melimpah.

Kini air dari objek wisata itu juga dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti irigasi. Selain itu, air di mata air Senjoyo juga dimanfaatkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Salatiga.

Jika tertarik mengunjunginya, jangan lupa membawa perlengkapan mandi untuk membilas badan setelah berendam menikmati segarnya air Senjoyo. Tak lupa kamera untuk mengabadikan momen di salah satu objek wisata di Kabupaten Semarang yang menyajikan air yang jernih ini.

Untuk menikmati kesegaran di salah satu objek wisata alam di Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga itu, pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya, pengunjung hanya perlu membayar ongkos parkir senilai Rp5.000 untuk mobil atau Rp2.000 untuk sepeda motor.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia