Ini Dia 9 Lembaga yang Melakukan Quick Count Pilgub Jateng

Ilustrasi penghitungan suara cepat atau quick count pilkada. (Solopos)
26 Juni 2018 10:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng)  mengumumkan ada sembilan lembaga penghitungan suara yang akan menggelar quick count pemilihan kepala daerah (pilkada) atau tepatnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng, Rabu (27/6/2018) nanti.

Dari sembilan lembaga itu, tak ada satu pun yang berkantor pusat di Jateng. Hampir sebagian besar berkantor pusat di Jakarta.

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, menyebutkan quick count nantinya hanya digunakan sebatas referensi peraih suara terbanyak dalam pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 yang diikuti dua pasangan calon, yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin, dan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

“Sementara untuk hasil resminya tetap menggunakan penghitungan dari KPU. Kami juga akan melakukan penghitungan atau real count dengan menggunakan aplikasi Situng [Sistem Informasi Penghitungan Suara],” jelas Joko saat dihubungi Semarangpos.com, Senin (25/6/2018).

Joko berharap tidak ada kendala teknis dalam penghitungan yang dilakukan aplikasi Situng. Ia pun menargetkan dalam kurun waktu 1x24 jam, seluruh data di 63.973 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 8.559 desa dari 573 kecamatan se-Jateng sudah bisa terkumpul.

“Harapan kami tidak ada kendala teknis online, sehingga [Rabu] pukul 24.00 WIB seluruh data di 63.973 TPS  sudah terkumpul,” imbuh Joko.

Berikut daftar lembaga pelaksana survei, jajak pendapat dan penghitungan cepat (real count) hasil pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018:

1. Indo Barometer - Jakarta

2. Rakata Institute - Lampung

3. Saiful Mujani Research & Consulting - Jakarta

4. Pandawa Research - Jakarta

5. MNC Televisi Network (iNews) - Jakarta

6. Kompas Media Nusantara - Jakarta

7. Indikator Politik Indonesia - Jakarta

8. Lingkaran Survei Kebijakan Publik - Jakarta

9. Indonesian Political Marketing (Polmark)  - Jakarta

Daftar Lembaga Pemantau Pilgub Jateng 2018 :

1. UKM Fiat Justicia Unnes

2. LPP PWI Jateng

3. HMI Kota Semarang

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia