Kembali Bertugas, Gerak-Gerik Ganjar Diawasi Ketat

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat mencopot APK pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng di dekat kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang, Senin (25/6 - 2018). (Istimewa/tim media Ganjar Pranowo)
26 Juni 2018 07:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Calon gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, kembali menjalankan tugasnya sebagai gubernur Jateng seusai menjalani masa cuti kampanye pemilihan kepala daerah (pilkada) atau Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) 2018, Senin (25/6/2018).

Ganjar memulai hari pertama masuk kerja sebagai Gubernur Jateng lagi dengan menggelar apel sekaligus halalbihalal bersama ratusan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan kantor Gubernur Jateng, Jl. Pahlawan, Semarang.

Koordinator Divisi Penindakan dan Penyelesaian Sengketa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng, Sri Wahyu Ananingsih, menyebutkan akan melakukan pengawasan secara ketat terhadap Ganjar meski pun kembali menyadang status Gubernur Jateng.

 “Tadi Pak Ketua Bawaslu [Fajar S.A.K.A] langsung yang datang ke acara halalbihalal di kantor Gubernur Jateng. Beliau tidak ikut halalbihalal tapi mengawasi Pak Ganjar, terutama apa yang disampaikan kepada para ASN mengingat statusnya yang masih peserta Pilgub,” ujar Ana saat dijumpai wartawan di kantor Bawaslu Jateng, Semarang, Senin siang.

Ana menambahkan pola pengawasan juga dimanfaatkan Bawaslu untuk menekan potensi kecurangan saat Ganjar bekerja lagi sebagai gubernur. Termasuk, potensi mobilisasi ASN maupun kegiatan kerja yang disusupi agenda kampanye di masa tenang, jelang pemungutan suara pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng pada Rabu (27/6/2018) nanti.

“Karena ini sudah masuk masa tenang, maka segala bentuk kampanye yang dilakukan pasangan calon dilarang. Kami harus benar-benar memastikan bahwa suasana saat masa tenang tetap kondusif dan tidak ada pelanggaran kampanye,” ujar Ana.

Ana memastikan pengawasan juga dilakukan selepas jam kerja. Bawaslu telah menempatkan seorang pengawas untuk memperketat pengawasan Ganjar Pranowo saat beraktivitas di luar jam kerja.

Sementara itu pada hari pertama menjabat kembali sebagai gubernur, Ganjar tak hanya menggelar acara halalbihalal dengan ASN di lingkungan Pemprov Jateng. Pasangan Taj Yasin di pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 itu juga melakukan pencopotan atribut kampanye yang masih terpasang di Jl. Menteri Supeno, Kota Semarang.

“Kemarin sudah ngecek agar dicopot. Kemarin kan sudah aktif jadi gubernur lagi, jadi saya minta Satpol PP dan kabupaten agar APK yang masih terpasang dicopot,” jelas Ganjar. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya