Sudirman-Ida Dikawal 1.000 Advokat di Pilgub Jateng 2018

Bakal cagub-cawagub Jawa Tengah Sudirman Said (kiri depan) dan Ida Fauziah (kanan depan) melambaikan tangan di Kantor KPU Jateng, Semarang, Jateng, Rabu (10/1 - 2018). (Antara/R. Rekotomo)
26 Juni 2018 08:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG —Sebanyak 1.000 advokat dari seluruh Indonesia menyatakan komitmen mengawal dan membela pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah Sudirman Said dan Ida Fauziyah dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng dalam rangkaian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018.

Mereka merasa terpanggil untuk bisa mewujudkan pilgub yang bersih, jujur, dan adil. Sekecil apapun kecurangan atau pelanggaran yang terjadi pada pesta demokrasi itu jelas akan menciderai proses pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 yang becik tur nyenengke.

Sunarto, inisiator gerakan Seribu Advokat Pendukung Sudirman -Ida, mengatakan penggalangan dukungan dilakukan sejak beberapa hari terakhir. Para pengacara berkumpul untuk memberikan dukungan berupa pendampingan hukum kepada Sudirman Said dan Ida Fauziyah.

"Kebetulan ada teman-teman, mantan mahasiswa yang lama menjadi advokat sudah kami kontak semua. Mereka memberi pernyataan sikap baik secara langsung maupun lewat telepon bahwa siap merapat ke Jawa Tengah untuk mem-back-up penanganan kasus dari pasangan Sudirman-Ida," kata Sunarto, Senin (25/6/2018).

Dia tak ingin ada sedikitpun kecurangan dalam pelaksanaan Pilgub Jateng 2018. "Pembelaan ini sifatnya sukarela yang berawal dari kepedulian tim advokasi, bahwa kebenaran, keberanian, kewajiban mutlak dibutuhkan dalam mengawal Sudirman dan Ida,“ ujarnya.

Sunarto menambahkan rekan-rekannya sesama pengacara sudah menyebar di 29 kabupaten dan enam kota di Jawa Tengah. Dia berharap setiap warga Jateng dapat menggunakan hak pilih mereka di TPS, Rabu (27/6/2018) tanpa paksaan apapun.

"Kami tidak ingin hak-hak Pak Dirman dimanipulasi dan dizalimi. Kita akan bangun simpul-simpul penanganan hukum di tiap kabupaten dan kota," tuturnya.

Sementara itu, Joko Sutrisno, anggota Tim Seribu Advokat Pendukung Sudirman-Ida menuturkan, pihaknya telah mempunyai tim advokat yang tersebar di 35 kabupaten/kota. "Setiap daerah sudah kami kawal jadi tidak ada celah sekecil apapun untuk melakukan kecurangan dalam pelaksanaan Pilgub Jateng tahun ini," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia

Sumber : Bisnis