Operasional KA Tambahan Lebaran Dilanjutkan Hingga 1 Juli 2018

Dirut PT KAI (Persero) Edi Sukmoro. (Antara/Sumarwoto)
26 Juni 2018 11:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, CILACAP — PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperpanjang masa operasional sejumlah kereta api (KA) tambahan Lebaran hingga 1 Juli 2018. Keputusan itu dikemukakan Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro kepada wartawan saat memantau arus balik lebaran di Stasiun Kroya, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/6/2018).

"Nanti kita akan melakukan evaluasi secara menerus, apakah kereta tambahan 100 persen kemarin itu terus dijalankan sebanyak 40 perjalanan atau sebagian dari 40 perjalanan ini harus kita perpanjang," katanya.

Ia mengatakan hal itu akan dilakukan karena hingga saat ini animo masyarakat terhadap jasa angkutan kereta api masih tinggi. Dalam hal ini, kata dia, penumpang kereta api dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur ke arah barat maupu sebaliknya dari Jakarta atau Bandung ke arah timur masih penuh.

"Oleh sebab itu, piket para pejabat kereta api yang sedianya sampai tanggal 26 Juni ini tadinya mau dimajukan karena berangsur habis, ternyata masih penuh maka mereka tetap piket sampai tanggal 26 Juni nanti," katanya.

Lebih lanjut, Edi mengatakan pelaksanaan angkutan Lebaran 2018 berjalan dengan baik dan hingga hari Minggu (24/6/2018) tercatat jumlah penumpang yang sudah diangkut menggunakan jasa kereta api mencapai 5,6 juta orang. Menurut dia, hal itu menunjukkan kenaikan sekitar 6% jika dibandingkan masa angkutan Lebaran 2-17 yang sekitar 5,3 juta orang.

"Kami terus meningkatkan pelayanan, apalagi keselamatan adalah nomor satu bagi kereta api. Maka itu, baik Direksi maupun Komisaris (PT KAI) kita sepakat semuanya pada arus balik ini berada di daerah di mana para penumpang mau kembali ke barat," katanya.

Disinggung mengenai evaluasi terhadap pelaksanaan angkutan lebaran, dia mengatakan secara prinsip telah berjalan lancar meskipun berdasarkan hasil wawancara dengan sejumlah penumpang diketahui adanya keluhan-keluhan seperti sulitnya mendapatkan tiket kereta api.

Menurut dia, keluhan-keluhan tersebut akan menjadi koreksi bagi PT KAI (Persero) secara menyeluruh. "Memang yang ingin (membeli tiket) lebih banyak dari ketersediaan. Oleh sebab itu, perlahan, kita akan terus menambah kemampuan untuk memberikan pelayanan di tempat duduk," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Tokopedia

Sumber : Antara