Hiii, Ada Hantu Layani Pemilih di TPS Semarang

Warga menyiapkan keranda untuk membuat tempat pemungutan suara (TPS) bernuansa unik di Kelurahan Randusari, Kota Semarang, Selasa (26/6 - 2018). (Antara/Zuhdiar Laeis)
26 Juni 2018 23:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Berbagai cara dilakukan panitia pemungutan suara (PPS) untuk meningkatkan partisipasi warga agar menggunakan hak pilih pada pemilihan kepala daerah (pilkada) atau Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2018, Rabu (27/6/2018). Tak terkecuali dengan PPS di Kelurahan Randusari, Kota Semarang.

Kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di wilayah itu membuat tempat pemungutan suara (TPS) dengan nuansa horor untuk menarik perhatian warga datang dan memberikan hak pilih. TPS yang didesain dengan nuansa horor itu terletak di TPS 7 RT 003/RW 007, Kelurahan Randusari, Kota Semarang, Jateng.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Henry Wahyono, mengatakan bukan tanpa alasan jika TPS 7 di Kelurahan Randusari itu didesain dengan nuansa menyeramkan. Lokasi TPS yang terletak di tengah kompleks permakaman terluas di Kota Semarang, Makam Bergota, menjadi alasan utama KPPS mendesain dengan nuansa horor. Apalagi di kompleks permakaman Bergota itu, juga terdapat permukiman penduduk.

“TPS-nya ada di tengah Makam Bergota, jadi biar unik petugasnya nanti juga berdandan ala hantu, mirip pocong,” ujar Henry saat dihubungi Semarangpos.com, Selasa (26/6/2018).

Bukan hanya petugas PPS yang berdandan ala makhluk halus, di TPS yang terletak di kawasan Gunung Brintik itu rencana juga akan diisi berbagai aksesori menyeramkan, seperti keranda dan payung jenazah. Tujuannya bukanlah untuk membuat takut warga yang ingin memberikan hak pilih. Namun, hal itu lebih untuk menarik minat warga memberikan hak suara pada pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 di TPS tersebut.

“Nanti saat pemungutan suara, rencana TPS itu juga akan didatangi Kapolda Jateng [Irjen Pol. Condro Kirono],” imbuh Henry.

Tak hanya Kapolda, KPU Jawa Tengah (Jateng), Joko Purnomo, rencana juga memberikan hak pilih pada pilkada atau Pilgub Jateng 2018 di TPS tersebut. “Saya enggak pulang ke Wonogiri untuk mencoblos. Rencana mau mencoblos di TPS Bergota,” tutur Joko.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya